Senin, 11 Juli 2011

8 cara meningkatkan frekuensi crawl search engine

8 cara meningkatkan frekuensi crawl search engine google yahoo bing
Sebuah blog tidak akan pernah bisa muncul pada SERP apabila spider bot tidak mengunjungi blog kita untuk melakukan crawl blog. Begitu pula pada blog yang pernah terindex search engine, bagiaman jadinya jika blog terlambat di crawl oleh spider search engine ini, bagaimana dengan nasib posting yang baru saja kita publish ? Bagaimana pula bila proses crawl hanya terjadi 1 bulan sekali ? Jika hal ini terjadi maka hal yang paling merugikan akan terjadi . Blog atau posting yang baru dipublish tidak akan cepat terindex search engine dan impian kita untuk menampilkan blog ke dalam halaman pencarian search engine akan terhambat dalam waktu yang lama.
Untuk menghindari hal – hal yang merugikan sebaiknya kita upayakan langkah – langkah apa yang harus kita lakukan agar frekuensi crawl search engine besar semacam google yahoo dan bing menjadi lebih meningkat ..

Berikut beberapa cara yang lazim digunakan dalam meningkatkan frekuensi crawl search engine google, yahoo serta bing :

1. Buat posting baru.

Semua search engine baik google, yahoo maupun bing lebih suka mengcrawl postingan baru untuk itu kita sebaiknya usahakan mempublish posting baru agar search engine ini terpancing mengunjungi blog kita. Minimal posting yang baik adalah 2 kali seminggu.
Catatan : jangan mempublishkan banyak posting baru dalam sehari karena bisa - bisa search engine akan menganggap kita melakukan spam.

2. Update posting lama.

Bila kita tidak sempat membuat posting baru di blog, maka alternative lainya adalah melakukan update pada posting lama kita agar nampak fresh dimata search engine google, yahoo dan bing… Updating bisa kita lakukan dengan cara menambahkan atau merubah kalimat dalam posting, gambar yang disertai atribut alt, maupun link yang memiliki anchor text.

3. Buat Posting teratur.

Meskipun kita telah membuat posting baru dan melakukan update pada posting lama belum tentu spider bot search engine akan mengcrawl blog kita. Sebaiknya kita lakukan kesemuanya dengan teratur. Ada baiknya pula bila kita membuat jadwalnya misal saja memposting 2 hari sekali agar blog kita memperoleh kunjungan rutin dari spider bot.
Bila blog kita berhasil mendapatkan kunjungan rutin maka setiap membuat postingan baru, blog kita akan memiliki kesempatan menjadi prioritas utama dalam pengcrawlan search engine sehingga indexing blog akan lebih cepat.

4. Memperkecil ukuran halaman.

Ukuran halaman yang terlalu besar dapat menghambat crawl spider bot sekaligus bisa menghentikan proses crawlnya karena lamanya perayapan spider bot. Untuk mencegahnya sebaiknya kita perkecil ukuran halaman.

5. Mempercepat loading.

Kecepatan loading blog kita juga mempengaruhi frekuensi crawl blog. Bagaimana tidak, ketika blog kita mendapat kesempatan dikunjungi spider search engine terjadi respon blog yang kurang bagus misal saja loading blog yang berat. Maka hal ini dapat membuat blog kita ditinggalkan spider bot sebelum melakukan crawling pada blog. Sama halnya dengan kejadian dimana tidak sedikit pengunjung yang pergi meninggalkan blog kita sebelum sempat membaca isi dari postingan blog saat kecepatan akses blog kita lambat.

6. Validasi template blog.

Template blog yang telah tervalidasi memiliki kemudahan di akses oleh semua spider bot baik yang dari search engine google, yahoo ataupun bing. Karena itu sebaiknya pemilihan template kita jatuhkan pada template yang telah tervalidasi. Bila kita tidak mendapatkan template yang lulus validator tool sebaiknya kita gunakan template yang memiliki sedikit error line agar kendala pengcrawlingan tidak terlalu besar.

7. Submit sitemap di Webmaster Tool.

Dengan mensubmit atau mendaftar sitemap blog di webmaster tool google, bing dan yahoo, kita akan menemui peningkatan frekuensi crawl blog. Bila ada sahabat yang belum sempat mensubmit sitemap di yahoo dan search engine lainnya maka sempatkanlah untuk melakukannya agar kita memperoleh hasil yang maksimal.

8. Mendapatkan backlink.

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam upaya meningkatkan frekuensi crawl blog adalah mendapatkan beberapa backlink dari situs lain yang sering disinggahi spider bot. Jika kita berhasil maka ada kemungkinan blog akan mendapat kunjungan saat spider bot mengcrawl situs yang kita sisipi backlink blog tersebut.

Semoga ulasan tentang 8 cara meningkatkan frekuensi crawl search engine dapat bermanfaat dan sukses selalu ya ....

14 komentar:

Aldio mengatakan...

Thank y atas infonya...

Mas Kuncoro mengatakan...

Artikel yg sangat bagus dan patut menjadi rujujan. Thx Mbak Rina telah berbagi...

Khusus untuk poin nomor 1, yang diberi warna merah (Catatan), ceritanya ane khan buat article directory, dan dalam seminggu ada sekitar 1500-an artikel dari 300-an author yg masuk. Gimana tuh...

Yang keindex emang baru ada 75-an sih...

Rina As mengatakan...

@Mas Kuncoro : maaf ya baru bisa membalas..
Menurut saya kalau sejenis article directory, social bookmark, maupun blog directory tidak akan terjadi masalah. Berbagai search engine masih mengindex situs2 seperti ini dengan baik.
Lagi pula sebuah directory yang menampung begitu banyak informasi penting, pasti akan di anggap sebagai source oleh search engine.

junx-crix mengatakan...

makasih gan....
sangat berguna banget buat yang masih newbie seperti saya.....ditunggu kunjungannya..

irwan mengatakan...

Terima kasih infonya. Bermanfaat sekali, salam kenal ya.

D2X mengatakan...

saya setuju mbak dengan pendapat tentang pengaruh loading page, soalnya loading page blog ane dulu terasa berat bagi pengujung yg 80% dari lokal. Maka ane cuma bisa mendapatkan visitor 200'an perhari. Tetapi setelah ane ganti template dan permak sana sini, akhirnya loading page blog ane bisa lebih cepat. Hasilnya sekarang visitor bisa tembus diatas 500'an perhari dan memang rata-rata visitornya berasal dari lokal yg kita tau koneksi internetnya jauh berada dibawah rata-rata, hehehehe.

Klo saran dari ane sih untuk tiap page nya usahakan size nya dibawah 70KB klo memang visitor yg datang kebanyakan dari lokal. Agar loading page nya nggak terasa berat yg akhirnya kebanyakan langsung di close oleh visitor yg rata-rata nggak sabaran, xixixixi.

Salam kenal dan Salam persaudaraan... v^_^v

Dimaz Julio mengatakan...

rujukan artikel tentang frekuensi : http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1473/1/10406835.pdf

yobbis mengatakan...

kalau hanya submit di search engine google saja, tidak ke yahoo atau bing dampaknya apa pada blog kita? apa harus ketiga-tiganya disubmit juga. trims:)

andrea suyoko mengatakan...

saya sangat setuju dengan apa yang anda tulis, tp SE mnurut Q yg paling susah adalah yaho danbing, pnya tips gk mba..

Syarif mengatakan...

waw... oo kayak gini tho caranya.. :D

Adry Sanz mengatakan...

wah bener2 info yg sangat bermanfaat ni om.. :)
http://adartsic.blogspot.com

trik seo mengatakan...

Makasih atas tipsnya, sangat bergua sekali.

OBAT AMBEIEN YANG MANJUR TANPA OPERASI mengatakan...

salam kenal gan jangan lupa kunjungi juga blog ane http://obatambevenatauwasir.blogspot.com/

Obat Penyakit Raja Singa Manjur mengatakan...

Makasih atas tipsnya, sangat bergua sekali.

Poskan Komentar