Sabtu, 29 Oktober 2011

Cara Membersihkan Blog Yang Terinfeksi Malware

Cara Membersihkan Blog Yang Terinfeksi Malware
Pada posting Cara Mengetahui dan Cek Blog yang Terinfeksi Malware disebutkan bahwa google memiliki tool khusus yang dapat kita pergunakan untuk mengecek suatu blog apakah terinfeksi malware atu tidak. Jika kita cek di tool ini ternyata hasilnya adalah positif sebaiknya kita lakukan langkah pembersihan blog dari infeksi malware agar semua yang mengakses blog kita bisa terlindungi dengan aman.


Kira – kira berikut cara membersihkan blog yang telah terinfeksi malware :

1. Cari yang terinfeksi malware

Pertama kita cari letak malware tersebut menyerang pada url blog yang mana. Bila kita telah mendaftarkan blog di Webmaster Tool Google maka kita bisa mengeceknya di tool ini. Silahkan mengunjungi Webmaster Tool Google untuk mengetahui lebih detailnya tentang hal ini.
Cara Mencari url yang terinfeksi malware :
- Pertama Login di Webmaster Tool Google
- Kemudian pilih menu Diagnostics
- Lalu klik link Malware. Pada halaman malware ini akan ditunjukkan url mana saja yang telah terinfeksi.

2. Menghapus Malware

Jika kita telah menemukan script yang terindikasi barbahaya bagi blog kita segeralah kita hapus script berbahaya tersebut agar blog aman bagi kita dan pengunjung. Bila kita memiliki salinan isi blog yang bersih di komputer, ada baiknya bila kita menghapus semua isi blog yang ada di hosting kemudian menguploadnya dengan yang baru. Cara ini lebih aman dari pada harus menghapus script malware dari dalam blog.

3. Bagi yang menggunakan Self Hosting

Bila blog kita merupakan blog self hosting, pastikan script dan perangkat lunak yang kita pergunakan sangat aman dan tidak terindikasi oleh malware dan sejenisnya. Ada baiknya bila kita mengganti semua password untuk akun hosting seperti password yang kita gunakan untuk mengakses FTP dan sebagainya. Sebaiknya kita periksa juga file .htaccess, amati apakah ada hal yang mencurigakan seperti adanya pengalihan akses yang sebelumnya tidak pernah kita rencanakan. Jangan lewatkan untuk selalu mengupdate antivirus di hosting blog kita.
Lebih lanjut kita bisa meminta bantuan pada penyedia hosting untuk membersihkan blog dari malware ini.

4. Menghapus Url yang terinfeksi malware dari index Google

Di Webmaster Tool kita bisa meminta agar url yang telah terinfeksi malware tidak di index google agar pengguna search tidak diarahkan pada bagian blog kita yang berbahaya. Lebih lajut tentang penghapusan url blog yang terinfeksi malware ini, silahkan sahabat blogger mengunjungi posting Cara Menghapus Crawl Error di Google Webmaster Tool, langkah – langkah penghapusannya sama yaitu dari nomor 4 sampai 8. Jangan lupa di langkah nomor 7 pilih Remove page from search results and cache.

Di rasa masih banyak cara ampuh lainnya yang bisa kita lakukan untuk membersihkan blog kalau – kalau terserang malware. Karena keterbatasan penulis, hanya ulasan di atas yang bisa disampaikan. Bila ada imbuhan ataupun sharing tentang hal ini silahkan sahabat blogger sharing dalam komentar. Sangat ditunggu partisipasi kalian..
Semoga ulasan yang membahas tentang Cara Membersihkan Blog yang Terinfeksi Malware bisa bermanfaat...

23 komentar:

Mr. Zaenudin mengatakan...

alhamdulillah blog saya tdk ada marware nya n mudah2n jangan sampe kena, tpi kalo crawler error banyak sampe 80 an n itu bukan dri page blog saya tp dri blog lain yg ngelink ke blog saya dgn salah penulisan url, nah gimana tuh ngapusnya?

Rina As mengatakan...

@Mr Zaenudin : kalau itu, kita bisa meminta pemilik blog yang salah menuliskan link kita untuk menghapusnya dan menggantinya dengan url yang benar supaya proses crawl dan indexing blog kita bisa berjalan lancar.
Semoga bisa membantu..

smp 3 lembang mengatakan...

Terimakasih saya akan ikuti langkahnya mudah-mudahan blog saYA TIDAK TERINFEKSI MALWARE

Kevin mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Rina As mengatakan...

@Kevin : perbedaannya kita kaji berdasarkan cara kerjanya. Kalau malware merupakan program yang diciptakan untuk menyusup dan merusak sistem perangkat lunak (software) yang ada dalam komputer/server hosting sedang virus lebih pada kemampuannya untuk menyerang file2 yang diinfeksinya, selain itu virus bisa dengan mudah menginjeksi file2 lainnya.
Maaf, mohon tidak menautkan link dalam kotak komentar. Pada bagian Beri komentar sebagai silahkan anda pilih Name/URL, nanti nama anda di komentar akan langsung tertaut dengan link blog dan bukan profil blogger.

Mushlihin, al-Hafizh mengatakan...

aku suka blog anda...penjelasan lebih kongkrit, dan murni membantu..trims..

Djangkaru Bumi mengatakan...

Numpang baca b aca dulu..maklum masih tahap belajar.

PKBM CIBANGGALA mengatakan...

terima kasih atas postingnya.. sangat berguna

Rhanurul mengatakan...

terima kasih mba...postingannya sangat bermanfaat ^_^

Indonesia Rainforest mengatakan...

mantabs pencerahannya kawan. ada tambahan dikit, lebih aman lagi menginstal SiteAdvisor di blog dan di komputer, jadi kita bisa tahu mana2 blog ada virusnya. http://www.siteadvisor.com/

thanks sharenya n salam sahabat

Rina As mengatakan...

@Indonesia Rainforest : terima kasih atas informasi berharga ini...

cerita anak kost mengatakan...

wah saya ud kena malwere gan, ud saya bersihkan. tapi ko masih di block ma google ya? waduh, saya juga ga tau e ko bisa begini. sekarang saya hanya bisa berharap.

film horor mengatakan...

artikel yg cukup bagus dan juga ulasannya cukup bagus dan detail bro karena itu aku suka sekali loe, dan salam kenal dari mico mas, dan juga sekalian bagi teman2 yg suka dengan film terbaru box office,horor,romantis,action,dan anime silakan kunjungi situs nya loe, karena itu gue dapat dari google dan menariknya di update tiap hari filmnya. dan makasi juga untuk admin disini bro sudah berkenan memberikan saya berkomentar loe, keep blogging bro, dan juga makasi ya,thanks gbu

Share All Info | SEO Trik | DuniaTips | Tutorial mengatakan...

hehe, untung punyaku ku cek tidak ada terindeksi laporan malware terimakasih gan tipss nya...

Obat Kuat Alami mengatakan...

blog saya juga pernah terkena malware, setelah saya cek dengan webmaster tool, ternyata berasal dari salah satu skript yang ada diblog, langsung aja saya hapus meskipun dengan berat hati karena skrip tersebut menambah keren penampilan blog, tapi bagaimana lagi.... Jadi hati2 pasang skript baru diblog kita....

IQROZEN mengatakan...

Saya tidak berhasil gan, mohon pecerahan,,, Salam dr Pulau Dollar

HD super mengatakan...

masih kurang paham gan u,u maklum pemula banget

mahadewa pulsa mengatakan...

bos .. mau nanya kalau foto postingan suka di susupin url lain , jadi gambar nya waktu di tampilan home berubah tapi kalau di buka postinganya gambarnya kembali normal,,, bagaimna mengatasi nya bos makasih..

OBAT AMBEIEN YANG MANJUR TANPA OPERASI mengatakan...

salam kenal gan jangan lupa kunjungi juga blog ane http://obatambevenatauwasir.blogspot.com/

Obat Penyakit Raja Singa Manjur mengatakan...

wahhh bagus ide nya...
benar-benar memberikan inspirasi

Portal Berita mengatakan...

web saya 1 bulan ini kena malware 2 kali. ada saran?
datngnya dari mana ay


www.endonewsia.com

sewa laptop-lcd mengatakan...

Nice Info Jangan Lupa Kunjungi http://servislaptopdisurabaya.blogspot.com/

Admin Koemboeng mengatakan...

Min bagaimana cara membersihkan malware di bing web master tool ???

Poskan Komentar