Senin, 31 Oktober 2011

Cara Mencegah Blog dari Blacklist Google Akibat Terinfeksi Malware

Cara Mencegah / Mengatasi Blog dari Blacklist Google akibat Terinfeksi Malware
Apa sahabat blogger tahu kalau sebuah blog yang telah terindikasi mengandung malware, blog tersebut bisa mendapat penalti dari google berupa banned / blacklist. Sebuah blog yang telah masuk dalam daftar hitam ini sampai kapan pun tidak akan pernah bisa masuk di halaman search engine google sebab google telah menghentikan indexingnya. Google menganggap bahwa blog tersebut berbahaya bagi pengguna lain dan google mengambil langkah ini untuk melakukan pencegahannya.
Untuk mengetahui apakah blog kita dalam kondisi yang aman atau tidak, silahkan baca detail infonya pada posting cara mengetahui dan cek blog yang terinfeksi malware.
Bagi sahabat blogger yang berada dalam kondisi ini dimana blog telah positif terinfeksi malware, ada cara khusus yang mesti kita tempuh agar blog terhindar dari blacklist google.

Berikut cara mencegah / mengatasi blog dari blacklist Google akibat terinfeksi malware :

A. Membersihkan blog yang terinfeksi malware

Pertama yang harus kita lakukan adalah membersihkan blog yang terinfeksi malware tersebut. Dengan demikian blog tidak akan berbahaya lagi bagi siapa pun yang ingin mengakses blog kita.

B. Review blog di Webmaster Tool Google

Untuk meyakinkan pada google bahwa blog kita telah aman dan tidak lagi memuat malware, langkah selanjutnya yang akan kita tempuh adalah meminta google untuk mereview blog kita dan permintaan ini kita usulkan melalui akun Webmaster Tool Google yang kita miliki. Bila sahabat blogger belum sempat mendaftarkan blog di sini, silahkan daftarkan lebih dulu baru mengirimkan permintaan anda untuk di review. Info lengkap cara daftar blog di webmaster Tool Google ada di posting Cara daftar sitemap di Google Webmaster Tool
Berikut cara kita meminta review blog yang terinfeksi malware di Google Webmaster Tool :
1. Login di Google Webamster Tool di alamat http://www.google.com/webmasters/
2. Pilih blog yang terinfeksi malware.
3. Klik menu Diagnostics, dan kemudian klik Malware.
4. Kemudian kita akan dibawa ke halaman Malware, disini klik link Request a review.
5. Di halaman berikutnya, kita isi kotak review yang berada di bawah kata Comment s about the review request (optional) tapi sebelumnya jangan lupa untuk mencentang I certify that I have removed badware or badware links from my site, according to StopBadware.org's Security Tips For Websites.
Cara Mencegah / Mengatasi Blog dari Blacklist Google akibat Terinfeksi Malware
6. Terakhir klik tombol Request a review.
Catatan : jika sahabat blogger suatu ketika tidak dapat membuka ataupun tidak sempat mendaftar di akun Webmaster Tool silahkan mengirimkan permintaannya melalui form di halaman Report Search
Cara Mencegah / Mengatasi Blog dari Blacklist Google akibat Terinfeksi Malware

Semoga ulasan singkat tentang Cara Mencegah / Mengatasi Blog dari Blacklist Google akibat Terinfeksi Malware bisa bermanfaat bagi sahabat..

23 komentar:

smp 3 lembang mengatakan...

sepertinya ini terjadi pada blog bisnis saya sob habis kok bisa terhubung dengan blog x padahal aku nggak pernah kesana apa karena ifrAME YA

Rina As mengatakan...

@smp 3 lembang : beberapa script malware bisa berupa iframe, saya rasa perlu menyelidikinya apakah script iframe di blog bisnis anda berbahaya atau tidak. Silahkan cek di Webmaster Tool Google, jika terindikasi berbahaya nanti akan ditampilkan detail informasinya..

Missing Link mengatakan...

Di Akun webmaster tool saya, terdapat bacaan..

Severe health issues are found on your site. - Check site health

Apakah itu artinya terkena infeksi malware ???

rehak mengatakan...

Blogku kayanya sudah terinfeksi ni, thank's infonya

Rina As mengatakan...

@Missing Link : sepertinya blog kamu mengalami masalah site health, kalau seperti ini penyebabnya bisa berupa infeksi malware, sering meremove url di Webmaster Tool atau mungkin sering mendisallow konten melalui file robots.txt
Detail penyebab dan penanganannya silahkan baca pada posting Deteksi Kesehatan Blog di Google Webmaster Tool
@rehak : semoga blognya lekas membaik..

Missing Link mengatakan...

Saya hanya meremoved 30 url yg postingannya saya hapus dan pernah terpublish.

Seharusnya brp jmlh URL minimal kita boleh hapus ???

blog-jempol mengatakan...

Oh ya sekalian, mengapa link saya banyak yg tiba2 hilang dari Google ??

Smentara saya tidak banyak men-submit URL.

Rina As mengatakan...

@Missing Link : maaf sebelumnya, saya kurang tahu jumlah url maksimum yang dapat di hapus melalui Webmaster Tool. Sebenarnya penghapusan seperti ini tidak di sarankan oleh Google, sebagian blog menyiasatinya dengan meredirect halaman not found ke halaman lain yang penting seperti halaman konten. Jadi saat spider bot google mengunjungi blog, mereka akan di arahkan untuk mengcrawl halaman redirect tersebut.
@Blog-jempol : mungkin ini salah satu efek kalau kita menghapus /meremove url di Webmaster Tool sebab url yang diremove tersebut tidak akan di index kembali oleh spider bot google sehingga link index akan jadi menurun jumlahnya.

Bayanuddin Bayan mengatakan...

Terimakasih tutorialnya, telah banyak membantu saya

Antoq mengatakan...

maksh infonya...

ahmad mengatakan...

mhon konsultasinya.website aku seminggu yg lalu ad di mesin pencarian google,tapi ko sekarang tidak ada lagi di mesin pencarian google.apakah terkena firus.aku masih baru di dunia internet,tolong bantuanya yach.

Kolom Blog Gratis mengatakan...

Thanks infonya bermanfaat sekali,...

Payz0 mengatakan...

sekedar berkunjung nih sob... sekalian mau nanya.. siapa tau sobat sudah pengalaman di dunia blog... gini sob.. blog saya kalau di cek di situs sitecheck.sucuri.net blog saya terdeteksi malware.. sedangkan di google webmaster tools tidak di temukan malware.. tetapi kata teman2 blog saya tidak bisa di buka karena ada malwarenya... padahal sampai sekarang blog saya pageview perharinya sudah 1500... saya jadi heran.. biasanya kalau sudah kena malware blog langsung di banned dan jatuh drastis.. tapi sampai sekarang blog saya masih banyak yang tersesat ke blog saya.... trus info yang benar gimana ya...

KBG mengatakan...

thanks infonya bermanfaat sekali,...

susu kambing etawa mengatakan...

Trimakasih informasi artikel ini sangat membantu sekali,...

Sehatalami99 mengatakan...

Lumayan buat nambah-nambah ilmu, jadi ngerti sekarang caranya kalau blog terkena malware... makasih udah share :)

mebel jepara mengatakan...

makasih infonya...

nambah ilmu saya ne info

indra mengatakan...

maf saya mau tanya karena web saya terkena infeksi malware, pada opsi Request a review yang harus saya tulis seperti apa, menggunakan bahasa indonesi atau bahasa inggris saya masih newbi mohon pencerahannya.

Amy mengatakan...

saya sdh mencoba cara seperti itu namun masih belum berhasil diverifikasi. Saya bingung ketika diminta mengupload tag html yang diberikan, gimana caranya? Ketika saya memasang script Google Tag Manager yang diberikan, templatenya gak bisa disimpan. Mohon bantuan Jeng Rina, makasih!

noviyanto ian mengatakan...

sangat bermanfaat sekalo semoga ini tidak terjadi lagi dengan blog baru saya

noviyanto17 blogspot

Boboiboy From Spenza mengatakan...

Ane coba dulu gan

mahadewa pulsa mengatakan...

kalau blog ku pernah mengalami gambar dalam postingan kalau terlihat di home berubah , tapi jika di buka postinganya kembali normal, lalu dalam gambar yang ada di widged seperti entri popular juga berubah, minta panduanya buat yang mengetahui , terimakasih

Obat Pereda Sinusitis Tradisional mengatakan...

terimakasih untuk informasinya,ini sangat memberikan kami sebuah pengetahuan dan wawasan baru yang sebelumnya tidak mengetahuinya

Poskan Komentar