Kamis, 10 November 2011

Submit Url dengan Fetch as Googlebot | Google Webmaster Tool

Submit Url dengan Fetch as Googlebot | Google Webmaster Tool
Pada postingan ini kita akan mengulas cara lain untuk mensubmit url di Google selain menggunakan layanan add url gratis milik google yang diulas pada postingan Submit Url di Berbagai Search Engine | Add URL sebelumnya. Kali ini kita akan menggunakan fetch as Googlebot di Webmaster Tool Google untuk meminta spider bot agar segera mengindex halaman blog kita.

Berikut cara submit / add url di Google Webmaster Tool melalui Fetch as Googlebot :

1. Pertama kita login di Google Webmaster Tool pada alamat http://google.com/webmaster
2. Setelah kita berhasil masuk pada halaman muka Google Webmaster Tool, pilih blog yang akan kita submit urlnya.
3. Setelah masuk pada halaman dashboard blog di Webmaster Tool, kita klik menu Diagnostics kemudian pilih Fetch as Googlebot.
Submit Url dengan Fetch as Googlebot | Google Webmaster Tool
4. Kemudian kita akan diarahkan pada halaman baru. Pada halaman baru ini kita masukkan url yang akan kita inginkan untuk dicrawl dan di index spider bot google. Lalu klik tombol Fetch untuk memulai proses.
Submit Url dengan Fetch as Googlebot | Google Webmaster Tool
5. Proses tidak berhenti disini, kita klik link Submit to Index.
Submit Url dengan Fetch as Googlebot | Google Webmaster Tool
6. Pada langkah berikutnya kita dipilihkan pada 2 pilihan. Pilih salah satu opsi tersebut.
a. URL
Bila kita memilih opsi URL maka crawl dan index tersebut hanya akan dilakukan pada URL yang didaftarkan namun link yang ada didalamnya tidak akan ikut ditelusuri oleh spider googlebot.
Batas maksimum untuk melakukan pengajauan index dengan single url ini adalah 50 buah url per minggu atau 200 url per bulan.
b. URL and all linked pages
Bila kita menginginkan url beserta seluruh link yang ada didalamnya segera ditelusuri oleh spider googlebot maka kita haruslah memilih opsi ini.
Batas maksimum submit url untuk opsi ini adalah 10 kali submit per bulan.
Submit Url dengan Fetch as Googlebot | Google Webmaster Tool
7. Terakhir kita klik tombol Submit.

Semoga ulasan tentang Submit Url dengan Fetch as Googlebot | Google Webmaster Tool dapat bermanfaat...

76 komentar:

SUCEN mengatakan...

Kegunaanya buat apa ya?

kuman mengatakan...

numpang tanya lagi saudari,,,
kalau submite sitemap di webmaster google gimana?
Misal nih aku mau submite halaman blog q http://xxx.yyy.com/blablabla.xhtml
nah yang harus di masukin yang mana,,, aku masukin yg /blablabla.xhmtl doang dapet tanda X merah,, aku tulis lengkap dari http://sampai.xhmtl juga dapet merah,atau emang ga bisa yah buat blog q,,,

Rina As mengatakan...

@SUCEN : Untuk meminta spider bot mengunjungi halaman yang kita submit tersebut dengan tujuan supaya cepat terindex search engine google. Ini merupakan alternatif lain dari add url di google.
@kuman : silahkan baca posting cara daftar sitemap di Google Webmaster Tool. Untuk submit halaman melalui fetch as googlebot hanya nama filenya saja yang dimasukkan misal blablabla.xhtml, p/seo.html dsb

waloetz mengatakan...

ini kunjungan saya yg kesekian kalinya diblog ini mba rina..
sangat suka dengan tulisan mba diatas, saya sering submit url dgn cara biasa add url google.

salam kenal mba.
Blog Dofollow CommentLuv

cara mengatakan...

mba, maaf ya sebelumnya, mau nanya lagi nih??

saya ktadi iseng-iseng masuk mypagerank.net saya cek blog beberapa sahabat termasuk blog mba rina, saya lihat disana index page google blog ini ko banyak banget (ratusan), tp kalau saya lihat di sitemap blog mba, jumlah postingannya engga sebanyak itu!

itu bagaimana caranya mba?? ko bisa seperti itu?? kasih tipsnya dong mba :)

Bonus Kerja Online mengatakan...

bonuskerjaonline.com wah mbak ada ilmu baru lagi neh thanks yah..... Mau tanya neh nambahin ALT Text di gambar gimana???

mutiara islam mengatakan...

mb rina, mau konsul nih.. saya kan sudah hapus crawl di webmaster tool, tapi kok masih ada crawlnya ya mb, padahal udah di remove

Rina As mengatakan...

@Waloetz : terima kasih, apa yang anda sampaikan bisa menjadi motivasi saya untuk terus menulis. Maaf sebelumnya, mohon tidak menautkan url dalam kotak komentar. Silahkan pergunakan Name/URL pada Beri komentar sebagai untuk menautkan link homepage blog anda
@cara : pada blogspot, spider bot diperbolehkan untuk mengindex seluruh halaman kecuali halaman yang terdapat pada directory search. Jadi baik halaman posting maupun yang lainnya seperti halaman laman, halaman archive blog dan sebagainya akan diindex oleh google. Karena itu jumlah halaman yang terindex menjadi lebih banyak. Pengindexan blog membutuhkan waktu jadi kita tunggu saja sampai spider bot mengindex blog kita secara keseluruhan sambil memposting banyak artikel secara teratur
@Bonus Kerja Online : kita tambahkan secara manual di setiap kode html gambar. Saya pernah membahas atribut alt pada posting optimasi seo dengan gambar, mungkin posting ini bisa bermanfaat untuk anda
@Azqia : Sukses juga untuk anda mbak..
@mutiara islam : penghapusan crawl error membutuhkan waktu yang lama, ada yang sampai 2 bulan (saya pernah mengalami ini). Jadi kita tunggu saja url crawl error tersebut menghilang dari daftar crawl error.

abbaz mengatakan...

mau tanya ni... di webmaster tool fetch as googlebot kan terbatas uploadingnya. Pengambilan maks =50. Dan Pegniriman url maks=10. Setiap kirim kan berkurang tu. Berarti maksimal cuma 10 kali donk? ^_^

Rina As mengatakan...

@abbaz : maaf agar lebih paham lagi, silahkan anda baca ulang penjelasan pada masing - masing opsi di langkah 6 di atas terutama pada batas maksimum yang diperbolehkan untuk melakukan pensubmitan url blog.

dicka-berbagi mengatakan...

kalau mengirim URL yang sama secara berulang-ulang dalam waktu yang sama apa pengaruhnya mba, apakah akan kena google dance?

Rina As mengatakan...

@dicka-berbagi : submit url tidak boleh dilakukan berulang. Google akan menganggap kita melakukan spam. Penalti yang diberikan bukanlah google dance tapi bisa berupa de-index blog atau menjadikan blog kita sebagai prioritas terbawah untuk di index.

Ary_Putra mengatakan...

Wowww..Amazing infonya mbak or mas hehehe..
mantap neh langsung ane praktekin dah. Thanks infonya ya

Simpel Card mengatakan...

Info yang mantap, kebetulan lagi nyari info kegunaan webmaster tool, yang digoogle sendiri pake bhs ingris jadi ga ngerti. boleh juga neh tuker link, ...

Rina As mengatakan...

@Tips | Download gratis : untuk saat ini kegunaan dari menu fetch as googlebot masih sebatas untuk meminta spider bot google mengunjungi blog kita

pakdar mengatakan...

misalkan saya sudah fecth, dan submit. bisa dihapus nggak ya?

Kang Adhie mengatakan...

bisa ngefek ke trafik atau pagerank, gak ya ? trims infonya,

farhan fh mengatakan...

sis ane dah masuk ke webmaster tools, tapi koq gada tulisan fetch ya?

KMKO Sipil Unhas mengatakan...

bisa bantu sayaa??
awalnya blog saya sudah terindeks di google..
tapi saat ini halaman utama blog saya tidak lagi terindex, tapi halaman lainnya ada..

dimana letak kesalahannya????
http://kmkosipil.blogspot.com/

nasphie mengatakan...

siipp..saya udah lakuian,,,thanks ya,,moga artikel saya mudah terindeks

Rmat Nasya mengatakan...

di dasbor blog saya kok gk ada menu diagnosticnya, gmn ya mbak

jual obat herbal online mengatakan...

terima kasih tutorialnya sob
sudah saya praktekan sangat bermanfaat

titodesain mengatakan...

sippp ini tujuannya untuk apa ya

purnomo pur mengatakan...

Mantep gan artikelnya, smga bermanfaat.
http://purlink.blogspot.com
http://purj.blogspot.com

lowongan.standar PERTAMINA mengatakan...

ya, memang penting nih tools buat webmaster

jual dod bebek peking mengatakan...

suip artikelnya nya

jasa translate mengatakan...

Gila, Ni yang punya web ALexanya TInggi Banget Cuy.
Boleh kenalan ndak Nie :D hehehe

kursus public speaking mengatakan...

Agan Sendiri biasanya fetch as google botnya berapa kali sebulan ?

jasa website semarang mengatakan...

dah satu minggu ini 2 judul post aku belum keindex google bro. padahal sebelumnya tiap posting ditunggu 2-3 menit langsung muncul di google ni karena apa ya broo help me.. balas di email saya ya aqu.cowokmu@gmail.com aku minta bantuanya banget

Teknologi Untuk Budayaku mengatakan...

tanya min, kalau kita keseringan submit urlnya boleh ndak ya...
soalnya takutnya dianggep spam atau tindakan curang oleh google..
mohon pencerahan...

ilup al mengatakan...

trima kasih banyak masta saranya

http://www.ilup.hol.es

luongor.com mengatakan...

terima kasih buanyak infonya.
saya newbi banget

http://luongor.com

daun bidara mengatakan...

mau tanya malah mbah rina gak nongol2
salam.

pengobatan syaraf terjepit mengatakan...

artikel di sini bagus bagus, jadi betah di sini.. sukses selalu

KaosDuniaBola mengatakan...

Kalo melebihi berbahaya gak? mohon bantuan..

Bursa Efek Praktis To The point mengatakan...

Artikel yang sangat bermanfaat. Sukses untuk blognya

cara membuay blog seo friendly mengatakan...

makasih banget tutorialnya

zyuhri.wordpress.com mengatakan...

nambah ilmu lagi ni makasih gan...

Citra Indah mengatakan...

dah satu minggu ini 2 judul post aku udah keindex google bro. padahal sebelumnya tiap posting ditunggu 2-3 menit langsung muncul di google ni karena apa ya broo help me.. balas di email saya ya aqu.muhyuhri16@gmail.com aku minta bantuanya banget

citra gran mengatakan...

tujuan melakuakn itu tujuanya apa gan?

elektronik mengatakan...

ya gan fungsi atau tujuan melakukan Submit Url dengan Fetch as Googlebot | Google Webmaster Tool itu apa?

CPNS 2013 mengatakan...

Thanks banget Infonya gan :)

cevy permana mengatakan...

saya masih bingung dengan google webmaster pusing kebaya pengantin modern mohon pencerahan nya ya mba

virtual pointer mengatakan...

makasih infonya sist,, maaf saya masih newbie,,mohon kunbalnya ya :)

TRI JAYA ABADi mengatakan...

Mbk Rina selamat Tahun Baru
Sy mw tanya.. Jika sy sudmit fetch as google sampai 2 kali, bisa say delete? Dan cara deletenya seperti?l atau saya biarin saja?

Cara mendapatkan bitcoin mengatakan...

thanks panduannya mba rina, jadi ngerti ternyata ada gunanya juga tuh fetch as yaa heheh.. sebelumnya ane gak ngerti kegunaannya berkat info jadi nambah wawasan dah :D

Nur Adi mengatakan...

Sudah praktek, mbak. Makasih. Alhamdulillah sukses :)

kangdansen mengatakan...

Saya baru submit url dengan fetch google webmaster mudahan hasilnya bagus sekali

Mariana Custódio mengatakan...


hack-games-clash-of-clans.blogspot.com/

Info Blog Indonesia mengatakan...

terimakasih infonya sob , ijin coba dulu...

Silma mengatakan...

Berarti kalo semakin banyak artikel semakin banyak di fetch ya

Jasa Desain Logo Murah mengatakan...

Terima kasih atas tutorialnya

limie shaklee mengatakan...

tq

info yang sangat banyak membantu

pelajar mengatakan...

sekarang situs itu tampilannya udah beda ya..

jaket mengatakan...

saya ingin coba mengindeks dummy blog saya. yg merupakan web 2.0 . apakah bisa digunakan cara ini?

Blog Fachrizkii mengatakan...

yang saya tahu katanya gk boleh sering" menggunakan cara ini ya mbak?? soalnya takut dianggap SPAM sma google...

Maulid Yudi mengatakan...

Ilmu yang bermanfaat gan.. Tapi kalau kita sudah submit url terus kita gunakan fetch as google apa tidak apa - apa?

Anita Purwanti mengatakan...

obat perangsang wanita
obat kuat herbal pria
penis getar
jual obat kuat herbal
penis tempel
vagina getar bulu
devikecantikan
central obat
proextender asli
Alat bantu sex
procomil spray
Alat sex wanita |
video cara bercinta
Bokep Jepang
Alat penggeli klitoris
vagina senter | boneka full body | Alat sex pria | Kondom getar | Alat Bantu sex lesbi | Vibrator lidah | Obat gemuk | Obat pemanjang penis | Obat pembesar pantat | Obat ambeien wasir | toko obat perangsang | Obat perontok bulu | Obat pembesar penis | Obat pembesar alat vital | Obat pembesar alat vital | obat perangsang wanita

newbie mengatakan...

sangat bermanfaat,makasih

Scha Miey Miey mengatakan...

Sangat bermanfaat gan.. Thanks infonya.. :)

Jangan lupa kunjungi blog kecil saya..

frans-anime.blogspot.com

Paket Tour Bali mengatakan...

bedanya fetch url render sama ga apa mbak? thx

enday cb mengatakan...

beda nya submit url dengan fech as google apa yah?

download anime sub indo:
http://www.animecebe.blogspot.com

OBAT AMBEIEN YANG MANJUR TANPA OPERASI mengatakan...

salam kenal gan jangan lupa kunjungi juga blog ane http://obatambevenatauwasir.blogspot.com/

Obat Penyakit Raja Singa Manjur mengatakan...

wahhh bagus ide nya...
benar-benar memberikan inspirasi

Klinik Aborsi Jakarta mengatakan...

Klinik Aborsi , Solusi aborsi dan kuret bagi para wanita dan pasangan muda yang ingin menyelesaikan masalah kehamilan tidak diingankan. Hubungi Kami Klinik Aborsi Murah.Biaya yang kami tawarkan juga cukup terjangkau, dengan kisaran 1jt sampai dengan 1,5jt rupiah per bulan usia kandungan anda dapat mendapatkan pelyanan prima kami. Hanya di Klinik Aborsi Di Jakarta saja anda akan menemukan pelayanan yang profesional dengan didukung oleh tenaga ahli Dokter Kandungan yang berpengalaman lebih dari 13 tahun siap membantu mengatasi permasalahan anda. Klinik aborsi kami yang bernaung dibawah grup KLINIK STERIL GROUP Dr. Adi Karyadi SpOG. Site me Obat Telat Bulan

PlanetBisnis mengatakan...

makasih gan akan saya coba untuk blog saya :)

jual bra mengatakan...

Mba ririn.
Mau tanya.
Kalau submit url saja bisa 200 kah.
Lumayan nih yang punya produk ratusan kaya jualan saya :)
Mkasih inponya mba :)

ayumi mengatakan...

ini info yg saya cari cari
thx mbak
kunjungi blog baru saya di filmdragonball.blogspot.com

Obat Pereda Asma Bronkial Tradisional mengatakan...

.I really like the content in this website, are all new things and new lesson for us this very increase knowledge becomes more widely,
obat pereda asma bronkial tradisional

klinik aborsi dan kuret mengatakan...

thanks infonya

cara alami menyembuhkan sinusitis maksilaris mengatakan...

Ini sangat menarik sekali untuk disimak, karena baru pertama kali saya mengetahuinya dan tentunya menjadi sebuah wawasan baru yang saya dapatkan
obat sinusitis maksilaris tradisional

Software Klinik mengatakan...

terima kasih atas saran submit url yang bagus

Aplikasi Klinik

obat penyakit mastitis tradisional mengatakan...

Semakin keseini informasi yang diberikan semakin menarik sekali,saya sangat menyukainya karena memberikan wawasan dan pengetahuan baru.Mohon izin share juga yah gan :-)
pengobatan untuk sembuhkan mastitis

Wap Faster mengatakan...

ini cara lain submit url dengan webmaster ya.. thank

Yoekaa mengatakan...

Men diagnostic-nya itu dimana ya, kok gak ada i di aku

dp bbm terbaru mengatakan...

biar tidak terbatas gimana ya?

Poskan Komentar