Senin, 29 Agustus 2011

Faktor yang Mempengaruhi Pagerank Google

Faktor yang Mempengaruhi Pagerank Google Faktor yang Mempengaruhi Pagerank Google
Nilai pagerank sebuah blog saat mendapatkan update Google Pagerank tidak bisa diprediksikan oleh kita, apakah pagerank blog akan naik atau malah turun. Sehingga hasilnya sering menimbulkan tanya besar bagi kita.
Terus terang dalam hal update pagerank, google tidak begitu saja memutuskan berapa nilai pagerank dari blog kita, ada beberapa faktor penting yang mempengaruhi pagerank google tersebut.

Diantaranya faktor yang mempengaruhi Pagerank Google pada blog kita adalah :

1. Backlink

Backlink merupakan tautan link yang mengarah ke blog kita, yang mana bisa kita peroleh melalui submit blog di social bookmark, berkomentar di blog lain maupun lewat tukar link dengan blog sahabat.
Backlink yang kita dapatkan dari blog dengan pagerank yang lebih tinggi akan sangat membantu menaikkan nilai pagerank google dibandingkan dari backlink dari blog dengan pagerank lebih rendah. Bila kita menginginkan update pagerank berikutnya bisa naik ke tangga selanjutnya maka sebaiknya kita mengusahakan mendapatkan backlink dari blog yang berpagerank lebih tinggi.
Kita juga perlu berhati - hati saat melakukan backlink building untuk mendapatkan backlink, pastikan backlink - backlink tersebut merupakan backlink berkualitas dari blog yang tidak mendapatkan banned dari google karena backlink dari blog seperti ini sangat berbahaya bagi blog kita. Tidak hanya nilai pagerank yang berpengaruh akan tetapi posisi SERP kita akan mendapatkan efek negatif pula.

2. Dofollow Backlink

Google sangat menyukai backlink yang berkualitas dan salah satu ciri backlink berkualitas tersebut adalah backlink yang berupa dofollow.
Setiap backlink dofollow yang kita dapatkan akan memberikan satu vote bagi blog kita. Bila kita mampu mendapatkan backlink dari blog / situs dofollow maka blog kita akan mendapatkan otoritas tinggi dimata google, jadi hal ini memungkinkan blog akan memperoleh pagerank google yang lebih baik dari sebelumnya.

3. Inbound Link (IBL) dan Outbound Link (OBL)

Inbound link (IBL) merupakan link yang menuju blog kita atau nama lainnya adalah backlink sedangkan outbound link (OBL) adalah link keluar yang menuju ke halaman dalam blog ( internal link ) ataupun menuju ke blog lain ( external link ).
Dari banyakknya jumlah inbound link dan outbound link sebaiknya kita usahakan jumlah inbound link lebih besar dari outbound link yang kita peroleh.
Untuk mengecek jumlah inbound link blog, kita bisa menggunakan backlink checker dari Webtoolhub.com
Faktor yang Mempengaruhi Pagerank Google
Dan untuk mengecek jumlah outbound link (OBL) kita bisa memanfaatkan Outbound Link Checker
Faktor yang Mempengaruhi Pagerank Google

4. Index Blog

Selain faktor penting yang dijabarkan pada poin di atas ada satu lagi yaitu jumlah halaman index blog. Kenapa jumlah halaman index juga menjadi faktor penting yang akan berpengaruh terhadap pagerank Google ? Itu karena bila blog kita memiliki halaman yang cukup banyak maka halaman yang telah terindex dan mendapatkan pagerank sebelumnya dari google akan memberikan nilai pada halaman lain yang baru terpublish. Selain itu banyaknya halaman blog akan menguatkan internal link bulding pada blog kita sehingga halaman satu dengan yang lainnya bisa saling mendukung. Hal seperti ini pulalah yang menjadi bahan pertimbangan google.
Pandai - pandailah kita membuat internal link yang mendukung relevansi setiap posting agar pagerank google bisa berdampak positif bagi blog kita.

Semoga ulasan tentang Faktor yang Mempengaruhi Pagerank Google bisa bermanfaat...
Read More..

Minggu, 14 Agustus 2011

Cara Membuat Contact Form dengan Google Docs | Halaman Kontak

Cara Membuat Contact Form  dengan Google Docs | Halaman Kontak
Memiliki sebuah halaman kontak atau contact form bagi sebuah blog pasti sangatlah penting karena melalui contact form inilah kita bisa berinteraksi lebih privat dengan pengunjung kita. Pada posting ini kita akan mengulas cara membuat halaman kontak / contact form menggunakan Google Docs, sebuah layanan gratis dari Google yang menyediakan fasilitas untuk membuat contact form seperti halaman KONTAK yang ada pada blog ini. Mau tahu bagaimana cara membuat contact form ini ?

Berikut rincian cara membuat halaman kontak / contact form dengan Google Docs :

1. Kunjungi halaman Google Docs di http://docs.google.com
Cara Membuat Contact Form  dengan Google Docs | Halaman Kontak
2. Setelah itu login ke Google Docs dengan menggunakan akun gmail.
Cara Membuat Contact Form  dengan Google Docs | Halaman Kontak
3. Kemudian kita akan di bawa masuk pada halaman Google Documents. Pada halaman ini bila kita ingin membuat sebuah halaman kontak / contact form maka langkah – langkahnya kita klik tombol Buat Baru lalu pilih Formulir.
4. Langkah berikutnya kita akan masuk pada halaman Edit Formulir. Pada halaman ini
- Tulis Judul Halaman kontak / contact form pada kotak yang tersedia
- Tulis Deskripsi Halaman kontak / contact form pada kotak yang tersedia
Cara Membuat Contact Form  dengan Google Docs | Halaman Kontak
Berikutnya adalah membuat kotak nama, email, subyek, dan pesan.
Membuat kotak nama pada contact form / halaman kontak dengan Google Docs
Pada kotak Judul Pertanyaan, kita isikan Nama dan pada bagian Jenis Pertanyaan pilih Teks lalu klik tombol Selesai.
Cara Membuat Contact Form  dengan Google Docs | Halaman Kontak
Membuat kotak Email pada contact form / halaman kontak dengan Google Docs
Pada kotak Contoh Pertanyaan 2, klik Icon Edit seperti gambar di bawah ini
Cara Membuat Contact Form  dengan Google Docs | Halaman Kontak
Ulangi cara yang kita lakukan seperti membuat kotak nama di atas.
Pada kotak Judul Pertanyaan, kita isikan Email dan pada bagian Jenis Pertanyaan pilih Teks, klik tombol Selesai.
Cara Membuat Contact Form  dengan Google Docs | Halaman Kontak
Selanjutnya adalah membuat Subyek halaman kontak berikut langkahnya :
Klik tombol Tambahkan Item, kemudian kita pilih Pilih dari Daftar. Selanjutnya kita akan dihadapkan pada form baru untuk membuat menu subyek.
Pada kotak Judul Pertanyaan, kita isikan dengan Subyek dan di kotak opsi kita tuliskan subyek apa saja yang ingin kita tambahkan seperti kritik dan saran, pertanyaan, tukar link, iklan dan sebagainya. Klik kotak yang bertuliskan Klik Untuk Menambahkan Opsi bila kita ingin membuat banyak opsi. Jika kita telah selesai menambahkan daftar subyek pada contact form maka kita hanya tinggal klik tombol Selesai.
Cara Membuat Contact Form  dengan Google Docs | Halaman Kontak
 Membuat kotak Pesan pada contact form / halaman kontak dengan Google Docs
Sama seperti membuat kotak subyek, Klik tombol Tambahkan Item, kemudian kita pilih Teks Paragraf. Selanjutnya akan muncul form baru, pada form ini isikan dengan tulisan Pesan di kotak Judul Pertanyaan dan terakhir kita klik tombol Selesai.
Catatan : Bila ada kotak yang wajib di isi dan tidak boleh dikosonngkan maka kita tinggal centang opsi yang tertuliskan Buatlah ini sebagai pertanyaan yang diperlukan. Sahabat blogger juga dapat menambahkan kotak yang lainnya sesuai keinginan dan kebutuhan kalian.
5. Bila kita telah selesai membuat halaman kontak / contact form. Di bagian kanan atas ada tombol Simpan, klik tombol tersebut.
6. Untuk melihat hasilnya klik url yang ada di bawah halaman Edit Formulir.
Cara Membuat Contact Form  dengan Google Docs | Halaman Kontak
7. Bila kita telah puas dengan hasil yang ditunjukkan pada langkah nomor 6 maka langkah selanjutnya adalah menaruh contact form / halaman kontak pada blog kita. Caranya kita klik tombol Mau diapakan? yang letaknya di kanan atas, lalu pilih Sematkan. Kemudian akan muncul pemberitahuan seperti gambar di bawah ini, segeralah kita copy kode html tersebut dan paste pada halaman kontak di blog kita. Lebih detail tentang langkah nomor 7 ini, silahkan baca posting Cara Memasang Contact Form di Blog | Halaman Kontak.
Cara Membuat Contact Form  dengan Google Docs | Halaman Kontak

Semoga ulasan tentang Cara Membuat Contact Form dengan Google Docs | Halaman Kontak bisa memberi manfaat bagi sahabat blogger ....
Read More..

Sabtu, 13 Agustus 2011

Cara Menghapus Crawl Error di Google Webmaster Tool

Cara Menghapus Crawl Error di Google Webmaster Tool
Pernahkan sahabat blogger yang telah mendaftar sitemap di Google Webmaster Tool menemukan ada halaman – halaman blog yang not found ? Dimana halaman ini mengalami error saat spider bot mengcrawl blog kita. Bila kita mengalami hal ini, jangan pernah biarkan, segeralah kita hapus url halaman yang error tersebut di Webmaster Tool Google agar proses crawl search engine google tidak terhambat.

Berikut beberapa cara yang harus ditempuh untuk menghapus crawl error di Google Webmaster Tool :


A. Menghapus url not found di Google Webmaster Tool :

1. Pertama kita masuk ke halaman Dashboard Google Webmaster Tool.
Cara Menghapus Crawl Error di Google Webmaster Tool
2. Setelah berhasil masuk di halaman Dashboard Google Webmaster Tool, segera kita klik link Not Found.
Cara Menghapus Crawl Error di Google Webmaster Tool
3. Pada halaman Crawl Errors, kita copy url yang ditunjukkan pada halaman ini. Url tersebut adalah semua url error yang menuju blog kita.


4. Kemudian pada link menu Google Webmaster Tool, kita klik menu Site Configuration lalu pilih submenu Crawler Access.
Cara Menghapus Crawl Error di Google Webmaster Tool

5. Proses selanjutnya adalah kita akan di bawa menuju halaman Crawler Access, di halaman ini kita harus klik link Remove URL .
6. Kita klik tombol New Removal Request lalu paste url yang telah kita copy pada langkah nomor 3 tadi. Kemudian klik tombol Continue untuk melakukan langkah berikutnya.
Cara Menghapus Crawl Error di Google Webmaster Tool
7. Pada langkah ini, kita akan diberi 3 pilihan menghapus url yang error dan pilih salah satunya.
Remove page from search results and cache : menghapus url error dari halaman hasil search engine google dan proses cache.
Remove page from chace only : menghapus url error dari proses cache saja.
Remove directory : menghapus url error dari directori google.
Cara Menghapus Crawl Error di Google Webmaster Tool
8. Terakhir klik Submit Request.
Catatan : Kita lakukan cara yang sama seperti uraian di atas apabila ada url lainnya yang not found pada Google Webmaster Tool . Proses remove membutuhkan waktu yang lama jadi biasanya url yang kita remove tersebut akan pending lebih dulu.

B. Menghapus broken link di blog.

Bila kita telusuri dimana sebuah spider bot menemukan url blog yang terindikasi error saat di crawl maka kita bisa mengeceknya menggunakan Google Webmaster Tool. Caranya :
1. Pertama kita masuk ke halaman Dashboard Google Webmaster Tool.
Cara Menghapus Crawl Error di Google Webmaster Tool
2. Setelah berhasil masuk di halaman Dashboard Google Webmaster Tool, segera kita klik link Not Found.
Cara Menghapus Crawl Error di Google Webmaster Tool
3. Pada halaman Crawl Errors, kita klik link yang ada di bawah Linked From pada masing - masing url yang terindikasi not found tersebut.
Cara Menghapus Crawl Error di Google Webmaster Tool
4. Pada halaman selanjutnya, kita akan di beri tahu dimana kita menaruh broken link yang mengakibatkan proses crawl menjadi error. Segeralah kita hapus broken link tersebut agar spider bot tidak lagi menemui url yang rusak ini. Bila link rusak itu ada di blog orang lain, sebaiknya kita minta pada pemilik blog tersebut untuk menghapusnya demi kebaikan bersama.

Karena lamanya proses penghapusan url yang mengalami crawl error pada Google Webmaster Tool maka kita harus menghindari terjadinya hal - hal yang menyebabkan url not found.

Berikut cara menghindari terjadinya url not found di Google Webmaster Tool :

1. Kita hindari penghapusan posting yang telah terpublish.
Posting yang telah terpubish oleh spider bot akan di crawling, apabila kita menghapusnya maka spider bot tidak akan menemui posting tersebut dan mencatatnya pada Google Webmaster Tool sebagai url not found.
Spider bot secara rutin selalu mengunjungi blog kita. Url yang telah kita hapus ini akan terus di crawl oleh spider bot google meskipun sebelumnya telah di crawl dan menghasilkan not found, untuk menghindari crawl yang menghambat lancarnya proses crawling blog maka kita hindari penghapusan konten - konten yang telah kita publikasikan..
2. Hapus broken link pada blog.
Spider bot selain mengcrawl text yang ada dalam halaman posting kita juga menelusuri seluruh link yang ada pada halaman posting. Jadi sebaiknya kita cek segala link yang ada pada blog kita dan pastikan tidak ada broken link baik itu dari link yang kita buat maupun link yang pengunjung buat di kotak komentar blog. Bila kita temukan ada link yang rusak maka segeralah kita hapus link tersebut.
3. Jangan membuat broken link.
Pastikan pula agar kita tidak membuat broken link / link yang rusak, baik itu pada halaman blog kita sendiri maupun halaman blog lain saat kita membuat backlink untuk blog kita.

Semoga ulasan tentang Cara menghapus crawl error di google webmaster tool bisa memberi manfaat bagi sahabat blogger ...
Read More..

Rabu, 10 Agustus 2011

Google Plus Perpaduan Facebook dan Twitter

Google Plus Perpaduan Facebook dan Twitter Google Plus Perpaduan Facebook dan Twitter
Setelah sekitar 2 minggu bisa bergabung dan menikmati jejaring social google plus, sepertinya saya merasa ada sesuatu yang tidak asing lagi… Ini tentang fitur – fitur yang ada di dalamnya.
Google plus menurut pendapat saya merupakan perpaduan jejaring social antara facebook dan twitter . Jadi ini bukanlah sebuah produk yang benar – benar baru … Google Inc. mengambil bebarapa konsep layanan dan fitur dari 2 situs jejaring sosial tersebut.
         

Berikut beberapa fitur dalam situs google plus yang sama dengan facebook maupun twitter :

Circles / Lingkaran
Pada twitter kita hanya bisa memfollow seseorang dan menaruhnya pada tingkatan yang sama sebagai teman kita, sedang pada facebook hubungan pertemanan bisa dimasukkan ke dalam lingkaran yang lebih spesifik lagi seperti lingkaran teman dan keluarga. Kali ini menurut saya fitur circles / lingkaran yang ada pada google plus sangat mirip dengan facebook, perbedaannya di google plus kita juga bisa membuat jenis lingkaran lain yang sesuai dengan yang kita mau.
Google Plus Perpaduan Facebook dan Twitter

Mention
Di twitter kita pasti mengenal istilah mention yang mana ketika kita ingin terhubung langsung dengan user lainnya kita mesti menambahkan tanda @ di depan username akun mereka saat kita mengupdate status, maka dengan cara ini mereka akan mengetahui tweet kita. Sama seperti twitter, di jejaring social google plus juga demikian, kita hanya tinggal menambahkan tanda + di depan username Google+ mereka … misal: +Rina As, maka akan membentuk sebuah link yang menuju pada akun orang – orang yang kita plus-kan...

Update Satus
Ketika kita meng-update sebuah status di google plus yaitu pada fitur steam atau disebut juga aliran ( dalam bahasa Indonesia ), fitur ini tidak dibatasi jumlah karakternya seperti yang ada pada twitter. Kita dapat menulis kata sepanjang apapun yang kita inginkan sama seperti update status facebook. Baik di google plus maupun facebook, kita bisa menambahkan foto, video, tautan link serta setting pembaca status dapat kita atur untuk siapa, apakah untuk umum atau teman dalam lingkaran, maupun diri sendiri.
Update status pada Google plus | Google+
Google Plus Perpaduan Facebook dan Twitter
Update status pada Facebook
Google Plus Perpaduan Facebook dan Twitter

Mungkin ini yang dapat saya share pada sahabat blogger semua.. bila ada tambahan, sanggahan, atau opini silahkan berkomentar pada blog ini.
Semoga ulasan tentang Google Plus Perpaduan Facebook dan Twitter bisa bermanfaat…
Read More..

Jumat, 05 Agustus 2011

Ada Apa Dengan Google Pagerank

Ada Apa Dengan Google Pagerank Ada Apa Dengan Google Pagerank
Sahabat blogger sudah tahu kan google pagerank ? Sebuah algoritma yang dibuat oleh google untuk mengukur tingkat popularitas blog dan website. Nilai perankingannya dari 0 sampai 10, semakin besar nilainya maka sebuah blog maupun website akan di anggap popular oleh search engine google. Dulu nilai google pagerank bisa berpengaruh terhadap hasil SERP akan tetapi sekarang sudah tidak lagi karena algoritma search engine sudah berbeda, google lebih mengacu pada algoritma-nya yang baru yaitu Google Panda.
Kembali ke pokok pembahasan

Ada Apa Dengan Google Pagerank

Ini berkaitan dengan update google pagerank. Sebelumnya pada tahun ini 2011, google telah mengupdate pagerank yang terakhir pada tanggal 27 juni 2011 lalu dan kini google kembali melakukan update ulang tepatnya tanggal 4 agustus 2011 kemarin. Sangat aneh memang, karena biasanya Google Pagerank di update setiap 3 bulan sekali atau setahun terjadi 4 kali update google pagerank.
Masalah yang terjadi terus menjadi topik hangat para blogger di forum – forum begitu pula di setiap blog sahabat membahas tentang datangnya update pagerank yang lebih cepat ini.
Lalu adakah imbasnya bagi sebuah blog yang mendapatkan update pagerank google, tentu akan mengimbas pada nilai pagerank blog kita, pagerank google bisa naik, tetap atau malah menurun.
Diisukan pula bahwa google akan terus memberikan update pagerank setiap bulan sekali. Entah ini benar atau tidak, kita harus mencari kebenarannya. Bila isu ini ternyata benar, bagi sahabat blogger yang sedang menambah pundi – pundi penghasilan lewat paid review di blog dan sell backlink, pasti akan sedikit mendapatkan efek negatifnya… Sewaktu – waktu pagerank google mereka bisa menurun bila tidak bisa menyeimbangkan antara jumlah inbound link dengan jumlah outbound link blog mereka. Bulan ini pagerank google mereka naik, update bulan depannya turun menjadi nol.. repot juga kalau terjadi seperti ini..
Ada Apa Dengan Google Pagerank
Dari update Google pagerank kali ini bagaimana dengan ranking blog sahabat ? Semoga hasilnya memuaskan... Untuk melihat update pagerank google, sahabat bisa menggunakan tool pagerank checker dari PRchecker atau bagi sahabat blogger yang telah memasang SeoQuake di browser mozilla firefox, silahkan cek blog sahabat di search engine. Tuliskan saja site:nama domain kita contohnya site:rina-as.blogspot.com, maka seluruh link yang telah terindex search engine akan dimunculkan beserta nilai pagerank google.
Semoga ulasan tentang Ada Apa Dengan Google Pagerank bisa bermanfaat bagi sahabat blogger semua..
Read More..

Cara Memilih Judul Posting Blog | SEO on Page (2)

Cara Memilih Judul Posting Blog | SEO on Page Cara Memilih Judul Posting Blog | SEO on Page
Posting ini merupakan lanjutan dari posting Cara Memilih Judul Posting Blog | SEO on Page yang belum selesai kita bahas. Bila sahabat blogger belum membaca posting bagian pertama silahkan mengunjungi link tersebut.
Dalam membuat sebuah judul posting blog kita tidak boleh memilih judul secara sembarangan, perlu beberapa pertimbangan. Kenapa demikian ? Ini dikarenakan, sebuah judul posting bisa berpengaruh terhadap hasil penelusuran di search engine, baik dari google, yahoo, bing serta search engine besar lainnya. Karena itulah kita perlu mengoptimalkan penggunaan judul posting agar posting blog kita bisa bersaing dengan blog yang lainnya.

Berikut beberapa ulasan bagaimana cara memilih judul posting blog agar optimasi seo on page bisa lebih maksimal :


3. Memilih panjang judul

Panjang atau pendek sebuah judul posting menurut saya adalah salah satu unsur yang paling menentukan apakah posting tersebut bisa masuk di halaman search engine atau tidak. Alasannya…
Memilih judul posting yang panjang
bila kita memilih judul posting yang panjang dimungkinkan banyak keyword atau kata kunci yang bisa terangkai di dalamnya sehingga bisa menghasilkan keberagaman kombinasi kata kunci / keyword yang mengarah pada posting blog kita. Contohnya untuk posting Cara Cepat Masuk Halaman Pertama Google Search Engine No 1, keyword yang berhasil membawa pengunjung di posting ini adalah keyword masuk halaman satu, halaman pertama google yahoo bing, masuk halaman search engine, cara memasuki halaman google yahoo bing, cepat masuk search engine. Hasilnya menjadi beragam bukan ? Cara ini memungkinkan kita bisa memperoleh trafik dari search engine dengan lebih mudah dibandingkan harus bersaing dengan blogger lain yang memakai kata kunci / keyword umum seperti halaman google yang jumlah pencariannya lebih besar.
Judul posting yang panjang dengan menambahkan secondary keywords baik digunakan pada blog baru ataupun blog pemula yang optimasi seo-nya baru dimulai. Kekurangannya mungkin jumlah pencarinya di search engine lebih sedikit, selain itu ketika kita melakukan optimasi seo, keyword density ( kepadatan kata kunci ) masing – masing keyword menghasilkan persentase yang kecil . Kita juga akan menemui sedikit hambatan ketika menentukan anchor text yang tepat saat blogwalking untuk mendapatkan backlink.
Memilih judul posting yang pendek dan umum
Bila kita memilih judul posting yang umum dicari oleh para peselancar search engine dalam mencari berbagai macam informasi maka kita harus membuat judul posting yang pendek, terdiri dari dua atau tiga huruf, misalnya: tutorial blog, make money blogging, daftar blog gratis dan sebagainya.
Ketika kita memilih untuk membuat sebuah judul posting yang pendek, keuntungannya posting kita akan memberi sumbangan trafik pada blog kita namun itu terjadi bila postingan tersebut ada pada halaman SERP yang strategis yaitu halaman depan search engine. Bila blog kita bukan termasuk blog baru dan telah memiliki jumlah page index dan backlink yang banyak serta spider bot rutin melakukan kunjungan untuk mengcrawl blog kita, maka kondisi seperti ini, bisa mempermudah blog kita untuk bersaing dengan postingan blog lain di halaman SERP bila dibandingkan dengan blog baru yang backlink dan halaman indexnya sedikit, meskipun demikian sebuah blog yang masih baru dapat juga memasuki halaman depan search engine namun posisinya mudah untuk digeser dari search engine google, yahoo dan bing.
Ketika kita memutuskan untuk memilih judul posting yang pendek , hal ini akan mempermudah kita dalam memaksimalkan optimasi keyword pada halaman posting. Kita juga mudah untuk melakukan optimasi seo off page ketika harus membuat sebuah anchor text dalam membangun backlink yang berkualitas.

4. Menarik

Pada poin ini sebenarnya tidak berhubungan sama sekali dengan seo akan tetapi sangat penting bagi kita agar mendapatkan trafik kunjungan bila kita memilih judul posting yang mampu menarik minat pengunjung untuk menyinggahi blog kita. Tidak ada gunanya bukan bila kita sudah menduduki posisi teratas search engine google dan kawan – kawannya namun tidak ada satu orang pun yang mengklik link kita karena judul posting yang kurang menarik. Ketika kita mensubmit posting yang baru dibuat ke social bookmark dan jejaring social, pada situs – situs ini akan memasang judul posting dan ulasan singkat tentang isi posting. Malah di reddit.com hanya berupa judul posting saya. Jadi agar seseorang mau berkunjung pada blog kita, usahakan untuk memilih judul posting yang menarik. Judul posting yang menarik juga bisa meningkatkan pageview blog kita, yang mana pengunjung yang melihat link posting kita yang ada pada widget blog seperti widget related post, popular post, entry post bisa melakukan klik ketika ingin mengunjunginya.Boleh juga, kan ?
Bagaimana cara memilih judul posting yang menarik seseorang untuk berkunjung ? Berikut ulasan singkatnya :
Sertakan Angka
Seorang pengunjung selalu ingin mendapatkan sesuatu yang lebih dari posting yang kita tulis, untuk itu saat kita membuat posting yang berisi poin – poin penting sebaiknya kita sertakan jumlah poin penting tersebut dalam judul posting. Contohnya pada posting 8 cara meningkatkan frekuensi crawl search engine, pengunjung yang membaca posting ini pasti akan berpikir bahwa mereka akan memperoleh delapan cara meningkatkan frekuensi crawl search engine. Jadi besar kemungkinan judul posting seperti ini akan di klik mereka.
Sertakan kata sensasional
Ada beberapa kata yang sangat kuat pengaruhnya bila kita tambahkan pada judul posting. Judul posting yang biasa saja akan terkesan sensasional bila kata – kata tersebut berhasil di padukan, contohnya posting tips ampuh mendapat uang dari blog, cara sukses menjaring pelanggan.
Biasanya kata sensasional ini banyak digunakan para internet marketing yang menjajakan produknya supaya laris, kita bisa mencontek dari kesuksesan mereka dan mengimplementasikannya pada judul posting kita.
Sertakan angka dan kata sensasional
Bila sebuah angka dan kata sensasional di atas kita pergrnakan dalam sebuah judul posting maka hasilnya pasti akan sangat wow untuk di bayangkan contohnya : 100 tips ampuh mendapatkan uang dari blog, 20 cara sukses menjaring pelanggan. Kelihatan wow ya… hihihi…
Catatan : hati – hati dalam menggunakan angka dan kata sensasional pada judul posting. Sebaiknya kita hindari hal – hal yang mengandung unsur penipuan , misal pada judul posting tertuliskan 100 tips ampuh tetapi setelah di baca isi postingannya tips tersebut hanya berisi beberapa buah tips saja. Hal semacam ini bisa membuat pengunjung kita jengkel dan meninggalkan blog kita dengan segera. Begitu pula dengan penggunaan kata sensasional, bila isi posting tidak bebar – benar membantu mereka, pengunjung pun tidak akan pernah mau kembali ke blog kita.
Kita pergunakan angka dan kata sensasional tersebut pada posting blog yang tepat.

Semoga ulasan tentang Cara Memilih Judul Posting Blog | SEO on Page (2) bisa bermanfaat.
Sukses selalu ya..
Read More..

Cara Memilih Judul Posting Blog | SEO on Page

Cara Memilih Judul Posting Blog | SEO on Page Cara Memilih Judul Posting Blog | SEO on Page
Dalam membuat sebuah judul posting blog kita tidak boleh memilih judul secara sembarangan, perlu beberapa pertimbangan. Kenapa demikian ? Ini dikarenakan, sebuah judul posting bisa berpengaruh terhadap hasil penelusuran di search engine, baik dari google, yahoo, bing serta search engine besar lainnya. Karena itulah kita perlu mengoptimalkan penggunaan judul posting agar posting blog kita bisa bersaing dengan blog yang lainnya.

Berikut beberapa ulasan bagaimana cara memilih judul posting blog agar optimasi seo on page bisa lebih maksimal :


1. Menggambarkan isi pokok posting

Judul adalah sebaris kata yang menggambarkan isi pokok dari sebuah posting blog dan ini mencakup keseluruhan isi posting. Misalnya, bila kita memposting tentang tips – tips awal, langkah demi langkah dalam memulai blogging dan menjadi seorang blogger. Judul posting yang bisa kita pilih pun harus bisa memberi gambaran pada pengunjung bahwa postingan kita membahas tentang bagaimana langkah dan cara memulai menjadi seorang blogger, contohnya langkah awal menjadi blogger.
Jangan sampai pemilihan judul posting kita salah diartikan oleh pengunjung kita, misal kita ingin membuat posting yang intinya mengajak pengunjung untuk berdiskusi masalah seo tapi judulnya di artikan berbeda oleh mereka, misalnya posting yang berisi tips - tips seo. Ini akan membuat pengunjung kita kecewa, mereka mengharapkan tuk mendapatkan tips tapi malah diberi pertanyaan tentang hal yang ingin dicari.. Akhirnya pengunjung kita tidak memperoleh informasi apapun darinya. Jika terjadi hal seperti ini maka kita sendiri yang akan rugi, mereka akan cepat meninggalkan blog kita dan beberapa diantaranya tidak akan mau berkunjung lagi di blog kita karena menganggap blog kita spam. Begitu juga dengan search engine, mereka akan menilai blog kita tidak relevan yang pada akhirnya posisi kita di halaman SERP diturunkan atau malah hilang dari hasil penelusuran.
Catatan : sebaiknya kita tidak memilih judul posting yang menggunakan kata tips, cara, dan sejenisnya.. bila pokok posting kita tidak berisi tentang tutorial. Tambahkan kata tanya seperti bagaimana, apa, dan lainnya, bila posting kita tersebut tidak memfokuskan untuk memberi tutorial, tips maupun penjelasan cara melakukan hal tertentu.

2. Mengandung keyword / kata kunci

Pada halaman hasil penelusuran atau disebut juga sebagai halaman SERP ( Search Engine Result Page ), judul posting akan ikut disertakan bersama dengan deskripsi dan linknya.Seluruh judul posting yang di munculkan tersebut adalah judul posting yang mengandung keyword / kata kunci yang dicari saat seseorang melakukan searching.
Cara Memilih Judul Posting Blog | SEO on Page/
Pada halaman SERP tersebut, kata yang sama dengan keyword / kata kunci diperlihatkan dalam bentuk huruf yang dipertebal. Jadi sangat terlihat jelas bahwa hasilnya sangat berhubungan dengan keyword yang diketikkan.
Jika posting blog kita mengandung keyword yang sering dicari oleh orang maka blog kita juga memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan pengunjung blog dari search engine. Akan tetapi bila kita menggunakan keyword popular yang sering dipakai orang, kita harus berusaha keras untuk mencapai posisi teratas di halaman penelusuran search engine karena pesaingnya tentu lebih banyak dari keyword biasa.
Note : silahkan sahabat blogger pakai Google Keyword Tool dan Google Trends Tool. Kedua tool gratis dari google ini bisa kita pergunakan untuk memilih keyword apa yang sebaiknya digunakan.
Banyak juga peselancar search engine saat mencari informasi penting akan mengetikkan lebih dari dua kata bahkan sampai membentuk sebaris kalimat, misalnya : cara daftar dan submit sitemap blog di Webmaster Tool Google Yahoo Bing. Bila judul posting kita mengandung rich keyword yang terdiri dari dua, tiga atau lebih keyword maka peluang posting kita untuk memasuki halaman SERP akan besar pula, karena judul posting dari blog kita mengandung beberapa keyword penting sehingga search engine akan menganggap posting kita relevan untuk ditampilkan pada halaman hasil search engine google, yahoo, bing beserta kawan – kawannya..

Karena ulasan tentang cara memilih judul posting blog | SEO on Page sangat panjang, saya membaginya menjadi dua. Berikut link bagian 2 >> Cara Memilih Judul Posting Blog | SEO on Page (2)
Semoga bermanfaat untuk sahabat blogger semua...
Read More..