Senin, 13 Februari 2012

Cara Mengatasi dan Keluar dari Google Sandbox

Cara Mengatasi dan Keluar dari Google Sandbox Cara Mengatasi dan Keluar dari Google Sandbox
Sebelum membahas lebih jauh tentang Google Sandbox. Sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman saya selama menghadapi google sandbox, sebuah google sandbox merupakan penalti dari google untuk mencegah suatu blog masuk di halaman Google SERP dengan cara mudah menggunakan teknik instant yang notabene sedikit menyampingkan rambu – rambu yang dibuat oleh google.
Dengan kata lain sebuah blog dapat mudah mengalami google sandbox bila optimasi SEO terlalu berlebihan dan linkbuilding pada blog mengesankan ketidakwajaran seperti jumlah backlink yang banyak berbanding terbalik dengan usia blog kita yang masih belia. Serta adanya indikasi bahwa blog melakukan beberapa pelanggaran atas TOS Google.
BIla suatu blog benar – benar telah masuk dalam google sandbox maka penalty ini akan bertahan sangat lama bahkan dalam hitungan bulan baru blog kita dapat keluar dari google sandbox.

Cara mengatasi supaya blog bisa segera keluar dari Google Sandbox, ada beberapa cara yang dapat kita tempuh diantaranya :

Evaluasi Teknik SEO

Hal pertama yang dapat kita tempuh adalah dengan melakukan evaluasi terhadap berbagai teknik SEO yang telah kita lakukan, mulai dari SEO On Page sampai SEO Off Page. Amati apakah ada teknik SEO yang terlalu berlebihan seperti menambahkan terlalu banyak keyword dalam posting sehingga persentase keyword density-nya melebihi persentase maksimum atau mungkin kita melakukan blackhat SEO dengan memasang script tertentu supaya spider bot rajin mengunjungi blog kita untuk melakukan pengindexan halaman blog.

Perbaiki optimasi SEO yang salah

Dari hasil evaluasi terhadap beberapa teknik SEO pada blog kita, bila ada yang dirasa terlalu berlebihan dan mungkin keluar dari kaidah google dengan sesegera mungkin kita hentikan atau perbaiki. Misal bila kita memakai plugin tertentu pada blog yang dapat menambah jumlah keyword blog ada baiknya plugin ini kita non aktifkan. Contoh lain, apabila blog memiliki meta tag yang terlalu panjang kita dapat menguranginya, untuk meta tag description maksimum karakter yang diperbolehkan berjumlah 150 karakter, jadi kita upayakan meta tag description pada blog kita tidak lebih dari 150 karakter sedang untuk meta tag keyword, jangan mengulang suatu kata dalam rangkaian keyword lebih dari tiga kali dan upayakan maksimum keyword tersebut berjumlah 15 keyword namun jumlah ini disesuaikan pula dengan panjangnya posting, bila posting blog pendek maksimum berjumlah 250 kata, saran keyword yang baik untuk kita pergunakan dalam meta tag keyword posting tersebut berjumlah 6 keyword.

Update Posting

Jika posting blog kita terindikasi telah mendapat penalti berupa google sandbox dimana postingan ini yang semula berada di posisi atas ( untuk keyword tertentu ) dan tiba – tiba lenyap sedang dalam diri kita telah yakin postingan ini memiliki optimasi yang sangat kuat maka beberapa cara untuk mengatasi masalah google sandbox adalah dengan mengupdate posting tersebut lebih informatif lagi serta relevan dan tidak mengandung teknik SEO On Page yang melebihi standar google.
Note : sering di alami pada posting kontes SEO

Posting Konten Original dan Berkualitas

Untuk bisa keluar dengan mudah dari penalti google khususnya google sandbox, kita usahakan memposting konten – konten yang original dan berkualitas secara kontinyu sampai google menilai blog kita merupakan blog berkualitas yang penting untuk dimunculkan tulisan – tulisannya ke dalam halaman Google SERP.

Internal link

Bila google sandbox terjadi pada blog kita dimana halaman yang terkena google sandbox ini merata dengan banyak keyword yang kita targetkan sebelumnya maka saran terbaik untuk kita adalah dengan menautkan link antar posting blog ( baru maupun lama )supaya internal link blog menjadi lebih kuat.
Untuk posting yang terkena google sandbox, kita dapat membuat postingan khusus yang masih berhubungan dengan posting yang mendapat penalti google sandbox. Dalam posting baru ini kita tautkan internal link menuju posting yang bermasalah dengan google sandbox sebagai link rujukan yang relevan bagi postingan kita yang baru ini.
Dengan cara ini semoga blog / posting yang masuk dalam daftar google sandbox tidak lagi dipandang buruk oleh google sehingga blog / posting tersebut dapat segera keluar dari google sandbox.

Mendapatkan Backlink

Untuk blog / posting yang masuk dalam google sandbox karena alasan terlalu banyaknya jumlah backlink blog saya rasa sangat riskan untuk menambah jumlah backlink namum untuk blog / posting yang mendapatkan penalti google sandbox dengan alasan lainnya dapat dibantu dengan backlink berkualitas dari blog yang memiliki relevansi yang sama dengan blog kita.
Jika perlu upayakan backlink tersebut di dapat secara natural atau seakan – akan natural. Suatu contoh yang mudah untuk memperoleh backlink natural demi membantu blog / postingan keluar dari google sandbox adalah dengan meminta bantuan dari sahabat blogger kita yang memiliki niche yang sama dengan blog kita supaya mempublish postingan kita di blog mereka dengan menyisipkan tautan link posting kita didalamnya.

Apabila ada tambahan, sharing, sanggahan, atau apapun mengenai posting ini silahkan di share melalui kotak komentar. Tanggapan dari sahabat blogger sangat saya nantikan...
Semoga posting Cara Mengatasi dan Keluar dari Google Sandbox dapat bermanfaat bagi sahabat blogger semua...

80 komentar:

SUCEN mengatakan...

Keren

Kevin mengatakan...

saya pernah mengalami, tapi cuma satu minggu. setelah itu kembali normal. saya gak melakukan apapun waktu itu, tiba2 normal sendiri hehehe

Rina As mengatakan...

@SUCEN : terima kasih
@Kevin : mohon maaf, mungkin yang anda alami itu google dance (penurunan ranking SERP) sebab untuk google sandbox sendiri bila tidak diatasi keadaannya akan tetap seperti itu dan biasanya bisa memakan waktu sampai berbulan - bulan baru postingan kita dapat muncul di halaman SERP untuk kata kunci tertentu.

Kevin mengatakan...

waduh mbak, apalagi itu google dance ? banyak amat yah istilah yang berhubungan sama mesin pencari terbesar ini hehehe

febriosw mengatakan...

Sy takut ikut kontes SEO salah satunya karena takut disemprit Google. :( Nanti kalau disemprit trus ditilang trus tidak dilepaskan kan bisa membuat sy menangis meratapi nasib.

Tonny Mondong mengatakan...

asyik membaca penjelasannya mbak, benar-benar ngerti meski sebenarnya utk istilah tekniknya saya belum perah menerapkannya di blog saya, saya cuma posting terus, menerapkan SEO jujur gak ngerti :)

nura mengatakan...

Helo rin, mau nambahin ,sandbox bisa disebabkan karena traffik yang tiba2 tinggi(walaupun dari se) aku baru aja ngalami.ada 1 post yang di SERP gugel page 1 no 1,dgn global monthly search 1jeti.

Ayahnieda Blog mengatakan...

Gara-gara Google Panda nggak ya Mbak? asyik nih bacanya, langsung ngerti. Makasih Ilmunya mbak saya harus lebih belajar berhati-hati nih

Artikel Komputer | Tutorial Blog mengatakan...

Thanks tipsnya. Masuk kedlm GSBox pastinya sangat membawa dampak negativ bagi kelanjutan blog yg bersangkutan, semoga ini bisa kita hindari.

Momo | Seleb News mengatakan...

Trims penjabarannya mbak. Ini perlu diperhatikan terutama buat blogger pemula seperti saya yang masih minim pengetahuan terkait teknik membangun sebuah blog.

iezul blog mengatakan...

2 postingan saya ko hilang lenyap bebrapa hari ini ya mba, padahal udah nangkring berbulan-bulan di halaman 1, waktu saya cek jumlah visitornya sama pada berhenti di 600 kunjungan. jadi bingung.

zhi cun lee mengatakan...

Mungkin saya terlalu gaptek untuk memahami hal ini! namun saya selalu optimis dan memungkinkan saya tidak terkena penalti dari google... heu.heu **pede abies...

Arickszone mengatakan...

wah..saya kena sandbox ni mbak...haduh..bingung..

Doel Rokhim mengatakan...

Ijin copas ya..
saya newbi.

Rudy Hartono mengatakan...

kalau misalnya ada 30 artikel yang kena sandbox, apa harus dilakukan?

DixyWebsite mengatakan...

weleh banyak juga ya w pusing jadi nya

metode SPC mengatakan...

terima kasih dengan banyak penjelasannya

yasir tidug mengatakan...

wahhh gimana ya link yang berkualitas itu sepeti apa ya ?

Deden Q'cuy mengatakan...

Saya belum paham namun saya punya pertanyaan tentang posting yg umurnya baru beberapa bulan tapi ko muncul dihalaman google dengan kywod tr tentu menjadi posting lama(samasekali gak muncul dalam bentuk judul) kenapa ya mohon jwabanya salam dr nwbie

ONLYX-45 mengatakan...

sepertinya blogku masuk ke google sandbox, karena setelah saya buat postingan baru tapi tidak nampak di google padahal saya telah tulis di google search URL artikel baru saya..
dan saya juga sadar bahwa blog saya yg umurnya masih bayi sekitar 2 bulan kurang umurnya, dan saya juga merasa blog saya terlalu banyak backlinknya, dan keyword di meta tag juga terlalu banyak..

datoxnet mengatakan...

lama2 gue stress mikir seo,banyak banget aturanya...duh yang mana yang mesti di kerjain lebih dulu mbak rina....?
lam knal buat teman2 smuanya.

Ryan Mika mengatakan...

artikelnyua sangat melegakan buat saya... kebetulan kemaren postingan kontes seo 988bet saya lenyap seketika, padahal udah lama bertahan di posisi terbaik serp google, dan sebelum hilang berada di urutan 7 halaman depan serp google.co.id..thanks yah uda share..

Obat Diabetes Melitus mengatakan...

siiip, semoga klita semua terbebas dari google sandbox, Semangatttt

wallpaper keren mengatakan...

pusing ya kalau terkena google sandbox..
lagi kena google dance aja udah pusingnya setengah mati.. apalgi terkena google sandbox..
ampun deh.. :)

Vandawa mengatakan...

Trims atas ilmu na mbak.....

Keluarga ale mengatakan...

== sayua lagi kea nih,, makasih infonya

mantapseo mengatakan...

ada betulnya juga coba sy evaluasi ah blogku

Obat Herbal Ace Maxs mengatakan...

sebelumnya makasih udh berbagi tp masihkah ada harapan baut artikel kita kembali dari peredaran...

Fadli mengatakan...

Memang betul pemaparan anda tentang hal diatas bahwa evaluasi diri terlebih dahulu tentang seo. saya juga terkena sandbox akibat berburu backlink yang keterlaluan ... sungguh hal yang menyebalkan .

Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1 mengatakan...

thanks pencerahannya, saya juga lg kena sandbox nich :D

Percetakan mengatakan...

Mbak Rina,.. Bagaimana cara mengecek point tersebut, one by one,...?? kalo postingan saya tidak di sandbox, akan tetapi url homepage nya, tau-tau menghilang, sebelumnya urutan 12, lalu menghilang,. wadduuuh,.. sepi job deh,..

Jasa Cetak mengatakan...

Terimakasih infonya. saya lagi coba supaya terindex di Google nih.

Nawi Van mengatakan...

Thanks gan infonya

Ekiosku.com jual beli online aman menyenangkan mengatakan...

Nice infonya

bebas share mengatakan...

izin nyimak

sarung mobil mengatakan...

backlink yang natural adalah mempunyai anchor text yang bervariasi, IP yang bervariasi, di dalam text, konstan setiap hari (tidak impulse pada hari tertentu)

ulasan automotive mengatakan...

Thanks tipsnya. Masuk kedlm GSBox pastinya sangat membawa dampak negativ bagi kelanjutan blog yg bersangkutan, semoga ini bisa kita hindari.

fily mengatakan...

mbak Rina, blognya bagus, jago IT ya mbak
boleh dong kapan2 belajar sama mbak/kerja sama
kalau saya sukanya desain web mbak
salam kenal dari fily

fortuner mengatakan...

dapet google dance juga pusing mbak apalagi dapet google sandbox....pertanyaan saya mbak bagaimana secepatnya keluar dari google dance mbak ?..pada awalnya posisi udah bagus ehh lalu ditampar ama google...tolong dong mbak yaa......

review auto mengatakan...

backlink yang berkualitas sepertii gmana om?

hoby mobil terbaru mengatakan...

saya jg lagi kena sandbox...thx informasinya....

Ridhwan mengatakan...

Bermanfaat sekali nih mbak..

afrilla adhitya mengatakan...

cara mengetahui blog kita masuk daftar sandbox google gmna mksih

carfans mengatakan...

wah thanks caranya..beneran bisa loh...

theautoz mengatakan...

thank infonya gan....cukup membantu...

informasi autofuture mengatakan...

gampan gampang susah ya caranya....

informasi dunia otomotif mengatakan...

oekh makasi panduannya...ya

informasi top otomotif mengatakan...

makasi mbah infonya...buat pemula cocok nie...

informasi mobil mengatakan...

ane baru tw bisa kluar dari google sand box...thx ya infonya..

review automotive hijau mengatakan...

mabh rina makasi loh infonya..sangaaet berguna buat yang sudah terlanjur...msk ke google sandbox

cara diet mengatakan...

thanks ilmunya mbak, sangat bermanfaat..

bisnis online mengatakan...

thanks ya udah share ilmunya, pnya sy jg kyaknya lg kena sandbox

Lukisan Murah mengatakan...

Terima kasih Mba' Rina atas postingannya, sangat membantu :)

bursa locker mengatakan...

wah akhirnya ktmu juga penangannya, mksh ya infonya. sangat bermanfaat

Abe mengatakan...

Sama nih uda beberapa hari ini blog sya nge-dance.. visitor turun drastis.. :(

Ciyoni-Blogspot mengatakan...

untung dikasih tipsnya,,,
terimakasih infonya sekalian berkunjung disore hari :)

automotive gags mengatakan...

thx mbah rina infonya..

Totonio mengatakan...

Saya memiliki satu blog yang pengunjungnya mencapai 5000+ per harinya,. tapi blog tersebut sudah tidak terindeks google. hehe.. sedih banget rasanya.. sudah hampir setahun blog tersebut blum kluar dari sandbox google. jadi malas buka2 blog itu. hehehe..

Postingan ini sangat bermanfaat. salam

Pengobatan Tradisional Untuk Asam Urat mengatakan...

terimakasih informasinya. . ..

Aksesoris Mobil mengatakan...

Tips bagus. ntar kalau blog saya masuk sand box baru dibaca lagi.thanks

Mohammad Alfi mengatakan...

Thanks info'nya ..
blog + postingan saya sdh terindex tapi gk muncul di serp ..

sandbox mengatakan...

thank you so much

thesandbox mengatakan...

I'll trying with your tips, tks

gejala sandbox mengatakan...

perlu di coba cara mbak rina-as ini

puramoz mengatakan...

Blog saya apakah terkena google sands ya?
saya posting tidak terlalu sering/tidak setiaphari, seminggu kadang 6-8x posting.. posting saya pun dari tulisan2 saya.. dan teman2 juga ada.
kenapa kok, index google saya sulit untuk bertambah? bahkan semakin menurun?
terimakasih,.

Buy Flowers Online mengatakan...

Your work here is amazing. I love the site. I found it looking for this same thing but with travel layers. Would it be possible to add layers showing all the travel methods?

World Magazine mengatakan...

artikel yang benar - benar membantu, saat ini blog saya sedang kena google sandbox

Hafid Maulana mengatakan...

saya udah coba, tp ko tetep aja yak. netomaniak.blogspot.com

Andria novit mengatakan...

Bahaya gan kalau sampai terkena Google Sandbox ini... Ane juga pernah mengalaminya :'(

b singh mengatakan...

Dear Pembaca,

Kita semua paham betul bahwa di dunia internet marketing, search engine optimization adalah salah satu key point penting untuk keberhasilan website kita.

Keberhasilan dalam muncul di halaman pertama seach engine adalah salah satu keberhasilan dalam berbisnis di internet. Oleh karena itu kitaa harus berusaha maksimal untuk optimal di dalam search engine. Sepertinya kita semua sepakat bahwa search engine yang paling kuat untuk saat ini adalah GOOGLE. Baik google international maupun google Indonesia. Meskipun sebagian orang juga ada yang lebih menyukai yahoo atau bing punya microsoft. Namun bagi saya Google is the best of them all.

Oleh karen itu, kepentingan kita semua untuk menjaga agar website kita aman dan terkendali di google search engine. Beberapa cara agar website kita aman dan terkendali adalah :

1. Menjaga content website agar selalu up to date
2. Menjaga content agar selalu orisinal
3. Jangan menggunakan SEO Onpage/SEO Offpage yang berlebihan hingga google melihatnya sebagai sebuah spam

Kalau Google melihat website kita sebagai website spam maka tanpa taanggung tanggung, Google akan memenjarakan kita dengan penjara Google yang disebut dengan istilah Google Sandbox.

Definisi Google Sandbox
Menurut Wikipedia Google Sandbox adalah "sandbox (sandboxing, atau penalti dari google) adalah semacam istilah terhadap pengamatan system google dalam menentukan peringkat web dalam indexnya"
Secara sederhananya Google Sandbox ini adalah keadaan dimana posting/web kita tidak terindeks (sementara) oleh google.

Ciri Ciri Web Terkena Google Sandbox
Website kita sebelumnya tampil di halaman pertama atau halaman kedua ataupun halaman ketiga dalam pencarian google.com atau pencarian google.co.id namun tiba tiba website kita hilang dalam pencarian tersebut. Maka kemungkinan besar, kita terkena dampak Sandbox.

Cara Checking Web terkena Sandbox atau tidak
1. masuk ke web DISINI
2. isi kolom nama domain dengan domain kita
3. isi kolom keyword dengan keyword dari domain diatas tersebut
4. kita akan melihat penjelasan bahwa web kita tidak terkena Sandbox atau terkena Sandbox

Cara Keluar dari Sandbox dengan Mudah
1. edit isi content yang kurang lebih berisi copy paste
2. rubah tampilan/theme web kita
3. pastikan tidak aka link mati/broken link di dalam web kita
4. re-submit web kita ke google webmasters - add a site
5. membuat artikel/post tentang Google Sandbox seperti artikel saya ini
6. silahkan mempelajari lebih lanjut guideliness google di Google Webmasers Guidelines

setelah itu SABAR sangat diperlukan. Dan tentunya berdoa kepada Yang Maha Kuasa karena sehebat hebatnya Google, Kekuasaan Tuhan Yang Maha Kuasa adalah tidak terbatas. Kalau Tuhan sudah menentukan nafkah kita/income kita berasal dari web kita maka segala permasalahan yang muncul terhadap web kita (termasuk masalah Google Sandbox) dengan Restunya, maka segala permasalahan akan selesai.

semoga membantu.

www.duniaobatindia.com

CUT CAHAYA ZASKYA mengatakan...

maksih mbak tips nya,,,,
punya ane kena nih,, http://kutipan-terbaru.blogspot.com/

Cah Chexo mengatakan...

makasih gan infonya kebetulan blog ane trafiknya makin menurun.

obat batuk anak mengatakan...

makasih gan atas saran2nya

obat ambeien mengatakan...

Admin saya mau nanya kalau web yang terkena google sandbox lepasnya sampai berapa bulan atau berapa minggu. mohon infonya.

OBAT AMBEIEN YANG MANJUR TANPA OPERASI mengatakan...

Terimakasih gan infonya jangan lupa mampir ke blog saya

Obat Penyakit Raja Singa Manjur mengatakan...

nice info, salam kenal

Suplemen Alami Untuk Menghaluskan Kulit Wajah mengatakan...

terimakasih banyak untuk informasinya,senang ikut berpartisipasi berkomentar disini

cara alami menyembuhkan floaters mata mengatakan...

sukses selalu buat agan agan yang membikin ini saya mendukung anda semua

nukeajah mengatakan...

mantab mba artikelnya, sy coba di blog saya

obat penghilang jerawat batu tradisional mengatakan...

Terimakasih untuk Informasi nya selain menambah wawasan baru juga menambah pengalaman baru dan referensi baru.
cara jitu membersihkan jerawat batu pada wajah

Poskan Komentar