Rabu, 22 Februari 2012

Memahami Perbedaan Google Dance, Google Sandbox, Deindex dan Banned

Sebelum membahas lebih jauh tentang google dance, google sandbox, deindex, dan banned, mari kita kembali ke awal mulai tahun 2000an silam (kalau tak salah tepatnya tahun 2003).
Mungkin saat ini untuk memperoleh trafik blog tidaklah sulit sebab sumber untuk mendatangkan pengunjung tak hanya berasal dari situs searching namun juga bisa dari situs lain seperti jejaring sosial.
Sedang di tahun 2000an, lalu lintas yang didapatkan oleh blog bersumber dari search engine terutama google sebagai search engine terbesar saat itu. Demi mewujudkan keinganannya untuk mencapai posisi yang bagus di search engine google yaitu pada halaman pertama google, tak sedikit blogger dan webmaster dikala itu melakukan kecurangan untuk memanipulasi google.
Akhirnya dari berbagai hal yang tidak menyenangkan ini, google memberi tindakan tegas berupa penalti di google SERP sebagai hukumannya. Meskipun pihak google sendiri tidak pernah menampik akan adanya penalti ini namun pemberian nama pada setiap penalti google bukan diberikan oleh pihak google melainkan dari para webmaster di kala itu.
Beberapa penalti google yang sampai saat ini masih tetap ada meskipun google sudah menggunakan algoritmanya yang baru yaitu Google Panda adalah google dance, google sandbox, deindex dan banned. Sampai saat ini ke-4 penalti tersebut sering menjadi momok bagi kita. Diantara keempat penalty tersebut memiliki perbedaan berikut penjelasannya.

Memahami Perbedaan antara Google Dance, Google Sandbox, Deindex dan Banned adalah :

Google Dance

Google Dance merupakan penalti google yang berupa penurunan posisi blog di hasil pencarian. Penurunan ini terjadi dengan sangat dramatis. Suatu misal, blog hari ini telah ada di posisi 1 namun satu hari kemudian turun ke posisi 200 dan keesokan harinya lagi memburuk diposisi 500.
Ketika suatu posting blog mengalami google dance, postingan tersebut masih muncul di hasil penelusuran google namun kita perlu mencarinya dengan teliti sebab posisi postingan tersebut ada di urutan yang paling belakang. Dalam hal indexing, spider bot masih mau untuk merayapi isi postingan tersebut dan ini masih berjalan normal seperti biasa sehingga proses index blog tak terhambat karenanya. Untuk blog secara keseluruhan tidak akan terganggu dengan adanya penalti google dance yang terjadi pada posting tertentu kita.

Google Sandbox

Google Sandbox merupakan penalti google untuk mencegah suatu blog cepat terangkat dimesin pencari karena beberapa optimasi kita yang dianggap oleh google sangat mencurigakan.
Ketika suatu posting blog mendapatkan hadiah penalti ini, postingan tersebut takkan pernah muncul dalam hasil pencarian google. Meskipun demikian, posting blog tersebut tetap terindex oleh google. Untuk blog yang bagian posting tertentunya disinyalir mendapat penalti google sandbox, berhati – hatilah sebab ini bisa menjalar untuk posting kita yang lain dan bahkan bisa secara keseluruhan blog kita mendapat penalti ini. Bila blog kita terbukti melakukan kecurangan tertentu yang tak termaafkan dalam usaha memperoleh posisi teratas google, blog kita bisa saja mendapat penalti yang lebih parah lagi seperti deindex ataupun banned (kasus yang sering terjadi adalah deindex).

Deindex

Deindex merupakan penalti dari google dimana suatu blog tidak mendapat perlakuan yang sama oleh google seperti mendapatklan proses crawling. Adanya penalti ini pada suatu blog menyebabkan blog menjadi tak dapat di index oleh google. Dengan demikian, blog kita tidak akan pernah punya peluang untuk muncul di SERP google.
Penyebab dari deindex ada banyak, bisa karena penerapan optimasi seo yang keliru dan juga melanggar TOS google. Dalam beberapa kasus blog yang mendapat deindex berupa blog yang sering melanggar TOS google seperti blog spam.
Bila suatu ketika blog kita mengalami deindex, google masih membuka pintu maaf untuk kita dengan cara mengirimkan peninjauan ulang di halaman Reconsideration Request.

Banned

Banned merupakan penalti google yang sering didapatkan untuk blog – blog yang melanggar TOS google, blog spam ataupun blog yang didalamnya mengandung malware.
Bila blog sahabat saat ini sedang terinfeksi malware, segera mungkin sahabat bersihkan blog tersebut dan pastikan blog telah terbebas dari malware dan sejenisnya. Ini dilakukan untuk menghindari hal – hal yang mungkin mengarah pada penalti google terutama banned blog.
Bila blog kita tidak segera tertangani, bisa saja blog akan dianggap google sebagai sarang malware dan tempat peretasannya.
Bila blog kita telah terindikasi mendapat penalti ini, kesempatan untuk keluar dari banned google sedikit sulit. Sepertinya butuh waktu lama untuk keluar, hal ini seperti yang diamai oleh domain .co.cc. Situs domain gratis .co.cc dapat beruntung keluar meskipun dalam waktu yang sangat lama namun untuk blog biasa kesempatannya sangat kecil.
Untuk sahabat blogger yang membeli domain baru yang disinyalir telah mendapatkan banned akibat perbuatan pemilik domain yang sebelumnya. Sahabat blogger dapat meminta kepada google untuk melakukan peninjaun ulang dan katakan bahwa kita adalah pemilik baru domain ini. Semoga dengan cara ini, domain tersebut bisa keluar dari banned google sehingga kita dapat mempergunakannya.

Semoga ulasan tentang Memahami Perbedaan Google Dance, Google Sandbox, Deindex dan Banned bisa bermanfaat untuk anda...

39 komentar:

SUCEN mengatakan...

Sangat memuaskan artikelnya :)

Share With Irfan mengatakan...

Wah sepertinya salah satu posting saya terkena penalti Google dance nih ! Artikel kontes seo itu sudah menghilang dari 1000 urutan hasil serp he he. Dari kemarin tanda tanya sendiri eh setelah baca posting ini baru nyadar ha ha. Trims mbak sudah mengingatkan lagi tentang Google Dance ini.

wahid sahidu mengatakan...

yang biasa ane kana ni google sandbox bikin stress gan,

Nur Uizz mengatakan...

blog saya menurun drastis...tolong bantu caranya keluar dari google dance...makin hari makin parah...

vteyna mengatakan...

blog ane masuk banned.. tolong kasih masukan biar pulih mbak..

alamatnya www.vteyna.com

thanks artikelnya.

waloetz mengatakan...

mantapp mba rina ilmunya..

saya pernah di ajak goyang-goyang sama google, :)
kalo sandbox alhamdulillah ga pernah.

Rina As mengatakan...

@SUCEN : terima kasih
@Anonim : terima kasih atas komentarnya
@Share With Irfan : terima kasih balik sudah memberi komentar dimari
@wahid sahidu : semoga tidak terjadi lagi untuk semua blog yang anda manage
@vteyna : silahkan mengirimkan Reconsideration Requets ke google. Semoga dari peninjauan ulang ini blog kita bisa keluar dari banned google.
@Nur Uizz : perkuat optimasi seo pada blog kita dan teruslah menshare posting seperti biasa khususnya posting unik dan original
@waloetz : terima kasih atas sharingnya

FSyah mengatakan...

Artikelku hampir 200 biji mbak. Selama ini gak ada masalah dalam pengindexan. Semua terindex dengan baik. Setiap hari aku posting 1 artikel, terkadang 2 artikel juga.

Nah, artikelku tanggal 2 maret sampe 7 (6 artikel berturut-turut) maret hilang dari index. Sebelumnya sempat diindex. Walaupun begitu, selama ini sampe sekarang ane gak punya masalah dengan ini. Ane baru saja post, paling dalam hitungan 3 detik sudah diindex sama Eyang.

Jadi, menurut mbak aku masuk kategori yang mana nih? hehe bingung aku. Dilihat di webmaster gak ada pesan error. Solusinya ya mbak. Takutnya nanti hilang semua tuh artikel.

Btw, ane blogger ortodok, cuma posting doang n gak nyari backlink. Maaf kepanjangan :)

Rina As mengatakan...

@FSyah : saya cek ada satu yang telah diindex kembali. Kalau boleh saran anda perlu melakukan beberapa hal untuk membuatnya terindex kembali, bisa dengan melakukan ping blog, sumbit url di berbagai search engine, submit di directory, submit di sosial bookmark dan menautkan link posting tersebut pada posting yang telah terindex. Bila dalam kurun waktu 1 minggu postingan tidak lekas terindex, ada baiknya kita minta peninjauan dari Google Team melalui Reconsideration Request untuk mendapatkan solusi.

FSyah mengatakan...

Oww... Link tautan antar artikel ya.
Wah makasih mbak, jadi ngerepotin nih. Artikel reconsideration request-nya menarik juga. Tapi belum sempat ane ngapa-ngapain semua dah terindex lagi.

Ayahnieda mengatakan...

Saya bingung terkena apa ya blog saya mbak Rina? hanya menduga-duga saja... yang pasti Traffcik dan Serp menurun drastis dan dramatis, Sedih nih

Rina As mengatakan...

@Ayahnieda : sebelumnya terima kasih telah mengunjungi blog saya. Dari awal Desember sampai dengan hari ini ternyata saya masih memiliki banyak proyek dari client yang harus diselesaikan, ujungnya blog Rina As jadi jarang terupdate dan traffik pun menurun.

SW mengatakan...

nanya dunk, klo website ku di google sdh tidak ada/ tidak terindex/ indexnya 0, apa masih bisa diselamatkan?

Rina As mengatakan...

@SW : maksudnya mendapat deindex ya, sebaiknya kita kirimkan request ke Gogle Team melalui halaman Reconsideration Request dan jelaskan masalahnya. Insya Allah akan ada solusi dari pihak Google.

Belajar NgeBlog mengatakan...

Huuf... lumayan sudah ada sedikit pemahaman ttg istilah2 tersebut di atas. Thanks

FasaPay Layanan Pembayaran Online Indonesia Cepat dan Aman mengatakan...

wah , kyknya blogku yg blogger sidoarjo kena sandbox deh :(

kok tiap aku posting yg terindex malah homepagenya doang :(

link postingan kaga muncul
mohon pencerahannya :(

Abed Saragih mengatakan...

Mbak bisa bantu saya,,artikel saya semua masuk google sandbox,,,tolong bantuannya mbak?balas ke blog saya ya :)

kopi luwak mengatakan...

gan mau tanya nih ... kalo web yang baru dioptimasi kan tiba2 langsung naik di serp kemudian turun lgi (ngedance x y) ... nah pa yang harus dilakukan pas web yg baru dioptimasi tba2 langsung naik??? thanks

Agung Purnomo mengatakan...

makasih info_a miss rina ;D,,,
posting_a lumayan informatif terutama buat newbie kayak saya...

Lampit mengatakan...

Terima kasih tulisannya membuat saya mengerti antara beda banned dan deindex... Super sekali

Maulana mengatakan...

Setelah update GP, banyak blog saya yg deindex semuanya blog yg artikelnya hasil "diputer-puter". jadi skrg belajar nulis artikel sendiri aja, biar enggak cepat asal selamat..

keluarga ale mengatakan...

dari uraian di atas,,, kemungkinan saya kena DANCE,, hadeu sedih gan

andrea suyoko mengatakan...

jadi tau banyak info,
ikutan kontes n optimasi berlebh membuat artikel kena sandbox

Share All Info mengatakan...

Kalau yg kena sanbox itu blog gimana sob? jadi bukan salah satu url postingan, tapi semua blog dalam satu url kena sanbox solusi ampuhnya gimana itu sob?

bisnis online mengatakan...

thanks pencerahannya :)

Ulil Albab Rabbani mengatakan...

Kalau iklan CPM berisi Judi itu gimana gan? melanggar TOS google kah?

obat pelangsing tubuh herbal alami mengatakan...

mungkin blog saya terkena deindex karena semua postingan hilang dari index google,,

obat asam urat mengatakan...

blog sya masih deindex :((

pep mengatakan...

wah .. makasih atas pencerahannya

simo vill mengatakan...

makasih ya, ini bisa buat nambah ilmu

CPNS 2013 mengatakan...

Thanks banget infonya, cukup mencerahkan, tapi solusinya gimana untuk semua permasalahan diatas?

Basri Abdullah mengatakan...

Salam Kenal mbk rina :) Salah satu blog saya yakni http://pedomandiabetes.blogspot.com, mendapat penallti deindex oleh google, sudah lebih kurang 3 bulan, sampai hari ini saya belum tahu penyebabnya, mungkin mbk rina bisa memberi solusi buat saya. terima kasih

Agen Sandal Sancu Jakarta mengatakan...

waduh web saya banyak yang deindex...
ada saran gak ya buat ngembaliin index artkel saya

Kalender Widget Unik mengatakan...

Wah jangan sampai kena yang manapun ini :3

OBAT AMBEIEN YANG MANJUR TANPA OPERASI mengatakan...

Terimakasih gan infonya jangan lupa mampir ke blog saya

Obat Penyakit Raja Singa Manjur mengatakan...

nice info, salam kenal

Cewe Porno mengatakan...

Deindex Google

obat penetral asam lambung tinggi tradisional mengatakan...

Setelah sayah membaca semua isi disini,sungguh sangat louarbiasa ini pengalaman baru dan banyk sekali hal-hal yang sayah dapatkan setelah membacanya

nukeajah mengatakan...

trims infonya kak.

Poskan Komentar