Jumat, 27 April 2012

Cara Mengatasi Penalti Dari Algoritma Google Penguin

Cara Mengatasi Penalti dari Algoritma Google Penguin Cara Mengatasi Penalti dari Algoritma Google Penguin
Masih membahas seputar algoritma Google Penguin yang menggemparkan dunia blogging akhir – akhir ini. Setelah dirilisnya tanggal 24 April kemarin pastinya banyak situs yang telah menjadi korban dari update algoritma Google Penguin tersebut tak terkecuali dengan salah satu blog yang saya manage...
Jika memang sahabat blogger telah yakin blog anda mendapatkan efek buruk darinya, dan blog sahabat memenuhi beberapa ciri webspam yang ada dalam Algoritma Google Penguin. Ada jalan tengah yang dapat kita ambil yaitu dengan mengirimkan feedback kepada Google, informasi ini bisa sahabat dapatkan dari status twitter yang dibuat oleh Matt Cutts berikut.
Cara Mengatasi Penalti dari Algoritma Google Penguin Cara Mengatasi Penalti dari Algoritma Google Penguin

Selengkapnya berikut cara mengatasi penalti dari Algoritma Google Penguin :

1. Evaluasi dan Perbaikan Blog

Google tidak akan mengambil tindakan untuk memasukkan kita ke dalam daftar hitam bila kita tidak melakukan sesuatu yang dianggap google telah keluar batas. Mungkin kita tidak tahu apa kesalahan yang kita lakukan karena tidak ada satu unsur kesengajaan. Karena itu kita evaluasi blog kita, mana yang sekiranya menyebabkan blog tersebut terkena penalti dari Algoritma Google penguin dan lakukan perbaikan blog secara menyeluruh.
Sedikit share tentang penalti yang diberikan oleh Google Penguin, salah satu blog yang saya manage terkena dampak buruknya, yang tadinya masuk dalam halaman pertama Google sekarang telah merosot jauh posisinya dan hampir menimpa keseluruhan content blog. Dalam evaluasi saya blog tersebut mengalami duplicate content, blog tersebut terduplicate secara menyeluruh pada subdomain pada domain utama hosting karena saya menggunakan add on domain jadi dapat diakses dengan nama domain.com dan subdomain.domainutama.com. Untuk sahabat blogger yang menggunakan selft hosting, dan mengaktifkan add on domain silahkan periksa apakah mengalami hal serupa dengan saya. Untuk mengatasi ini saya memindahkan blog yang bermasalah ini kedalam hosting lain. Evaluasi yang kedua, kemungkinan juga content yang saya buat tidak dalam kategori well-researched content sehingga mengakibatkan content dalam blog tersebut kemungkinan besar dianggap melakukan keyword stuffing dengan susunan frase keyword yang masih kurang baik. Untuk masalah ini saya menulis ulang content – content blog yang sekiranya kurang memenuhi syarat dari algoritma Google Penguin. Kalau boleh saran kita usahakan maksimum keyword density berkisar antara 3% - 4%, jangan lebih sebab untuk content saya tersebut rata – ratanya ada yang mencapai 6%.
Bagi sahabat blogger yang saat ini mengikuti kontes SEO, link kontes SEO sangat baik diletakkan pada bagian sitebar blog dengan begitu content apapun yang tak berhubungan dengan link kontes SEO (satu topik) takkan terpengaruh dengan algoritma Google Penguin dan content blog tak akan dianggap memuat link spam.

2. Mengirimkan Feedback Form

Setelah kita memastikan blog telah memenuhi aturan google dan tidak menyimpang sedikitpun darinya. Mari kita kirmkan feedback melalui form seperti dibawah ini.
Cara Mengatasi Penalti dari Algoritma Google Penguin Cara Mengatasi Penalti dari Algoritma Google Penguin
Silahkan sahabat isi nama domain yang terkena dampak negatif dari Google Penguin begitu pula dengan keywordnya. Pada bagian comment jangan lupa untuk mengisikan detail perubahan yang terjadi pada blog kita di halaman SERP Google. Terakhir klik tombol Submit dan berdoa.

Uraian di atas adalah cara untuk mengatasi dampak yang disebabkan oleh algoritma Google Penguin. Bagi sahabat blogger yang mendapat penalti lain seperti google dance, google sandbox ataupun lainnya bisa mengirimkan Reconsideration Request, selengkapnya dapat anda baca dalam posting Reconsideration Request, Solusi Mengatasi Masalah Blog di Google.
Semoga ulasan tentang Cara Mengatasi Penalti Dari Algoritma Google Penguin bermanfaat untuk sahabat blogger semua...

98 komentar:

Rudy Hartono mengatakan...

wah infonya sangat bermanfaat sekali mbak, terima kasih sudah share, buat pembelajaran kita semua

Liena AIfen mengatakan...

Terima kasih atas informasi, semoga menjadikan yang terbaik bagi kita semua

Aradea mengatakan...

Setelah panda,penguin,terus yang paling di takuti google meluncurkan google tomcat...

Bang Iwan mengatakan...

Lama baru sempat mampir kesini. Apa khabar Mbak Rin... teruslah berbagi dengan ilmu yang bermanfaat. makasih banyak

dero mengatakan...

wah menarik sekali artikelnya mbak tapi untunglah sampai saat ini semua blog saya masih aman dari penguin hehe..

Pustaka Sekolah mengatakan...

mantap ulasannya tentang google penguin, thanks yach :-)

Okto mengatakan...

Salam kena Mba,
Menarik sekali infonya. Sebenarnya yang membuat blog dalam bahaya adalah kontes SEO. Bukan menyalahkan hanya saja banyak blogger yang menjadi terjerumus ke dalam keyword stuffing demi memperoleh hasil maksimal dalam kontes.

Saya setuju soal keyword density. Sebaiknya banyak kata kunci tidak melebihi 5% dari total kata dalam suatu artikel. Cara mudahnya, Gunakanlah MS Word untuk mengecek kata kunci artikel kita, ketik Ctrl+F , ketik kata kunci, highlight all ... lihat ada berapa banyak, lalu hitunglah prosentasenya.

tomi mengatakan...

blog saya sampe sekarang blm kena dampaknya mba.. smoga enggak ya :)

saya jg baca jg itu ttg feedback form nya buat yg kena penguin

AyuNk Syah mengatakan...

nice post mastah,, blog ane juga kena dampaknya,, halaman yang dioptimasi hilang dari serp (mungkin over optimasi) dan terjadi penurunan trafik drastis.

salam.

andi mengatakan...

makasih atas infonya gan :)

Ebo Ndut mengatakan...

Saya pake tips yang pertama, hapus subdomain dari domain utama... thanks

mulyono mengatakan...

waduh mbak, salah satu blog saya bernasib sama. Hampir semua Posting blog saya merosot jauh posisinya. Trafik langsung kandas .. das!

Memang ada 1-3 artikel yang duplicate. Itu artikel kiriman, yg di blog resminya dulu awalnya tidak terindex dengan baik oleh google. Dan ketika di posting di blog saya, langsung masuk hal 1 google.

Sebagian besar konten lainnya sebetulnya gak 100% copas, mungkin hanya 20% saja. APakah ini juga pengaruh ya?

Oya, kalau add on yg digunakan untuk me redirect ke link afiliasi menggunakan iframe apa ini juga berpengaruh?

konveksi mengatakan...

oo pinguin madagaskar telah menendang jauh blog saya... dari 10 besar entah kemana..

:(

Kompi Ajaib | All About Sharing mengatakan...

Mbak Rina saya udah pasang link Rina AS di blog saya udah 1 bulan yang lalu dan saya udah kirim komentar ke kontak form. Namun saya cek sampai saat ini link blog saya tidak ada di blog ini, maka dengan terpaksa link blog Anda saya cabut dari blog saya.

Rina As mengatakan...

@Rudy Hartono, @Liena Alfen: terima kasih kembali
@Aradea : kalau ada algoritma baru mungkin nama google tomcat bisa kita usulkan ke Google..
@Bang Iwan : terima kasih pula atas kunjungannya
@dero : syukurlah jika begitu dan semoga algoritma ini memberi efek yang positif bagi blog anda
@AyuNk Syah : semoga keadaannya lekas membaik dan bisa terbebas dari Google Penguin ini
@Andi, @Ebo Ndut : terima kasih kembali
@Mulyono : untuk masalah content walau membahas satu topik yang sama tapi setidakknya kita buat berdasarkan sudut pandang yang berbeda dan kita beri tambahkan informasi supaya lebih memberi nilai plus. Mohon maaf kalau soal redirect url dengan iframe terus terang saya belum tahu apakah ini memberi pengaruh atau tidak
@konveksi : terus semangat, pasti ada jalan keluarnya..

Rina As mengatakan...

@Kompi Ajaib : mohon maaf, bila membuat anda kecewa. untuk kontak form yang sebelumnya saya pasang di blog ini telah saya hapus sejak Februari lalu (karena banyak spam) dan saya pikir tidak ada lagi pesan yang masuk disana sehingga tidak pernah saya membukanya kembali. Jika itu keputusan anda saya mengerti, terima kasih. Semoga kita masih tetap bisa berkawan..

Uwan mengatakan...

Salam kenal buat mba Rina dan teman2.
Oh iya, karena saya belum mengerti mengelola blog, dan baru bisa menulis doang. saya mau bertanya kepada mba Rina dan teman2.
Apakah kalau memindahkan tulisan saya yang sebelumnya saya tulis di beberapa media ke blog saya sendiri, itu dianggap copy paste?
Malah demi blog sy, semua tulisan yg HL di media tsb, saya hapus semua.
dan semenjak 1 bln ini, sy memilih utk menulis di blog sy aja, dg tujuan agar tulisan itu menjadi point di blog saya.
Apakah tindakan saya ini sudah benar?
Dan maaf, kalau ada teman yg memasukkan tulisan ke blog sy, namun ternyata hasil copy paste, apakah tulisan tsb harus saya hapus? spy tdk ada terdeteksi tulisan copas di blog sy.
Maaf sebelumnya, krn sdh byk tanya.
Salam

Rina As mengatakan...

@Uwan : untuk menghindari dari duplicate content oleh spider bot tulisan dalam blog bisa kita tulis dari sudut pandang yang berbeda dengan artikel yang kita kirim di banyak media (situs) dengan demikian semoga tidak akan dikategorikan sebagai duplicate content. Untuk mengeceknya kita bisa mempergunakan tool online dari Copyscape.com. Menurut saya menulis dibanyak media online sangat bagus dan bisa dijadikan salah satu cara mempromosikan blog kita, tapi semua keputusan terserah anda.
Sebenarnya sayang bila tulisan dari teman anda yang copy paste dihapus sebab ini bisa mempengaruhi proses crawl blog (mungkin bisa menyebabkan crawl error). Kalau boleh saran kita minta teman tersebut untuk menulis ulang dengan gaya dan sudut pandang yang berbeda.
Semoga bisa sedikit membantu

nasphie mengatakan...

jadi ada form semacam pengaduan ya,,baru tahu...thanks buat infonya

syahrilhafiz mengatakan...

oh bagus posting ini, mohon share di blog nanti kalau rajin saya untuk kemaskini.hehe ;)

tidak tahu pula, ada ruangan untuk kita laporkan kepada Google, webblog kita bukan sepam ya..nice

Belajar NgeBlog mengatakan...

Ada yg bisa tolong aku gak.... mengapa saat saya masukkna kode html utk membuat tutorial, gak muncul di postingan.... Please Help Me....!!!

Clommot mengatakan...

Ada banyak spekulasi tentang google pinguin, Ini adalah halaman ke sembilan yang saya baca. Izin bookmark ya...

Blogger Sorong mengatakan...

jalan-jalan pagi. dapat info menarik. bagus nih tipsnya. bisa memperbaiki keadaaan soal pinguin

fadli mengatakan...

Saya Juga sempat masuk google pinguin ,,dan rasanya g enak banget gitu .. terus setelah 1 malam berlalu ,, Blog saya kembali masuk dalam search engine .

olengk mengatakan...

mbak rina, mw tnya setelah saya cek ternya semua domain saya bisa di akses lewat sub domain seperti yg mba sebutkan...
apakah ada solusi lain mba untuk add on domain?? \trims

obat tradisional kanker paru paru mengatakan...

info yang sangat saya cari,makasih udah share

Abdul Majid mengatakan...

Si Penguin ini juga bikin banyak artikel asli karya saya sendiri hilang dari hasil pencarian, dan malahan versi copas nya yang diterbitkan orang lain di situs lain yang tampil sebagai penggantinya. aneh tapi saya kesal sama si penguin.

Barangkali karena artikel yang dicopas orang tersebut mengandung banyak link menuju blog saya ini masuk kriteria spam.

Jadi kalau Mbak Rina bikin blognya ini tidak bisa diklik kanan itu adalah pilihan yang tepat sekali.

kontraktor bangunan mengatakan...

makasih infonya yaa...:)

darmawajah mengatakan...

wah, saya mesih newbie. moga konten blog sy ga kena tendangan penalti google penguin, trims.

Mushlihin mengatakan...

Trims ilmunya...

SATU UNTUK SEMUA mengatakan...

Penjelasan yang lengkap dan gamblang, thanks for sharing

Sakit Pinggang mengatakan...

ok punya nich postingan..
makasih banyak ya....
salam sahabat

Cara Mengobati Jantung Koroner mengatakan...

mantep ilmunya...
makasih ya..
top abis..

obat penyakit osteoporosis mengatakan...

makasih ilmunya bermanfaat...

Assunnah Media mengatakan...

wow artikel yg bagus, kyknya ane harus buka2 halaman blog ini buat masukan

tita mengatakan...

terima kasih atas ulasannya...jangan pernah lupa untuk membagi info-info selanjutnya yang lebih bermanfaat lagi.

Toko Baju Online mengatakan...

Makasih banget teg Rina atas informasinya... Semoga temen2 segera terbantu...

bippi mengatakan...

wah...udah lama gak ngeblog ada info google penguin, yg saya tau cuma google panda hehehe
thanks infonya sob

gambutku mengatakan...

punya saya kayaknya kena juga.:D

teknologi mengatakan...

nice article....

trhanks for sharing with us...

Jalma Daya mengatakan...

thanks :)

djokosa mengatakan...

Info yang menarik .. Salam kenal

Financial And Advertising mengatakan...

thanks ya udah kasih informasi aku dah kena ini bingung ngatasinya

cara mengatasi ejakulasi dini mengatakan...

mudah-mudahan bisa menjadi solusi mas, banyak yang kena efek ini

xamthone plus mengatakan...

makasih banyak sobaattt infonyaaa

toko obat herbal mengatakan...

saya liat blog saya di copas sama website lain sehingga google anggap saya yang copas, tapi blog yang copas sekarang malah lebih bagus :(

faris mengatakan...

kak, untuk dapat form diatas kita dapat dari mana ? kog ga di sertai link nya kak, mksh,, blog saya terkena imbasnya,,

brongot setan kober ketangguhan hati mengatakan...

maksih sob ats postinganya

sedot wc jakarta mengatakan...

jadi harus hati2 nih. takutnya kena penalti google

hujan lagi mengatakan...

nice mbak....saya akan coba :D

Obat Herbal Rematik mengatakan...

terimakasih banyak ataas infonya sangat membantu saya salam kenal ajaa.....!

pep mengatakan...

informasinya sangat bermanfaat mbak rina .. terimakasih

jilbab instan mengatakan...

mau tanya dong
kan biasanya blog/web yang terkena dampak google pinguin dan panda salah satunya karena link buliding yang tidak natural.,
pertanyaan saya:

bagaimana jika web/blog kita yang dibuat link building (untuk menjatuhkan web/blog kita) oleh orang lain secara tidak alami( sampai ribuan per harinya)
pasti blog/web kita terkena dampaknya kan??

untuk menghindari hal demikian bagaimana solusinya?

bali ratih mengatakan...

setelah google panda, penguin apakah kemudian akan muncul
ikan sapu sapu untuk menyapu semua web blogger dan domain
waspadalah

Yoga mengatakan...

Pada prakteknya kalau sudah kena tidak semudah teori sob hehehe tapi bagus kok artikelnya :)

jersey bola grade ori mengatakan...

izin ikut nyimak mbak, maklum baru tau soalnya masih newbie

kamuslife.com mengatakan...

Sepertinya saya kena efek penalt dari google peguin dech... sebab beberapa hari ini setiap postingan saya lambat sekali di index google. ... sediiihhh

ayu mengatakan...

aduh kak,, algoritmanya itu menakutkan blog saya yang satunya visitornya turun drastis nih??? solusi selain yang di posting itu apa kak??

webfucktube mengatakan...

tetap berbagi informasi yang berguna. terima kasih banyak

Kemenag Kabupaten Karimun mengatakan...

salam buat semua...
saya jadi tertawa sendiri.
ternyata ini "penyebab" mengapa keyword saya yang sempat nongkrong di nomor 1 selama 1 minggu di google sekarang hilang.
dengan penjelasan: "Untuk menunjukkan hasil yang paling relevan untuk Anda, kami mengabaikan beberapa entri yang sangat serupa dengan 20 yang sudah ditampilkan."
setelah saya klik: "Jika mau, Anda dapat mengulangi penelusuran dengan menyertakan hasil yang diabaikan." barulah keyword/blog saya muncul.
terimakasih atas informasinya.
segera diperbaiki.

Cara Herbal Menyembuhkan Penyakit Keputihan mengatakan...

saya pernah beberap akali kena ama penalty gogle..:(

adi radili mengatakan...

terimakasih infonya.. sedikit curhat, saya terkena inspeksi penguin, banyak artikel yang turun SERP nya :(

siupi-server.blogspot.com mengatakan...

blog sy terjadi penurunan traffic secara drastis,penyebabnya apa gimana ngeceknya ya mbak?

anton mengatakan...

oh gtu to, baru tau saya

Mau Anda mengatakan...

makasih infonya ya . .

hdzf mengatakan...

Pusing juga ya ngadepin si pinguin.

Info Blog Indonesia mengatakan...

infonya sangat bagus nih, untuk pemula seperti saya sob...

referralagensi.com mengatakan...

saya coba dulu nih n moga bisa mengatasi masalah saya..
thanks buat infonya

spa jakarta mengatakan...

info untuk para pengguna Massage Jakarta yang sedang mencari Pijat & SPA Panggilan 24 jam Jakarta bisa mengetahui info lengkapnya di Aries Spa tinggal telpon langsung diangkat gan... khusus pria dan wanita lho... Pijat Panggilan Jakarta langsung check aja deh untuk menikmati Massage & SPA Panggilan 24 jam Jakarta ini

SPA Jakarta || www.massageariesjakarta.blogspot.com Massage Jakarta || Pijat Panggilan 24 jam

Pembesar Penis mengatakan...

* Obat Pembesar Penis
* Cara Memperbesar Penis
* Obat Bius
* Pembesar Penis Alami
* Bokep

didit aditia mengatakan...

wah udah jadi tempat nyepam

paket meeting di bali
photo video wedding di bali

rahasia pasutri mengatakan...

maksimum power full
obat hernia
v6 tian
minyak pembesar penis
qum araby
minyak lintah
obat pembesar penis
vigrx plus
vimax
crem pembesar penis
alat pembesar payudara
vakum payudara
alat pembesar penis
vakum penis
pro extender
alat seks pria
dildo getar
penis ikat pinggang
peni maju mundur
o micdild
mutiara
semenax
alat seks pria
vagina pinggul
celana hernia
obat hernia
obat wasir

jual dildo mengatakan...

obat kuat seks
maksimum power full
obat kuat sony
minyak pembesar penis
minyak lintah
obat pembesar penis
vimax
crem pembesar penis
alat pembesar payudara
vakum payudara
alat pembesar penis
vakum penis
pro extender
alat seks pria
dildo getar
penis tempel
'

obat pembesar penis mengatakan...

jual minyak lintah
minyak lintah
minyak lintah papua
minyak lintah papua asli
oil pembesar penis
minyak lintah asli
Jual Oil Lintah
minyak Lintah Alami
Minyak Pembesar Penis
Minyak Lintah Murah

RAHASIA PASUTRI mengatakan...

rahasia pasutri

Obat pembesar penis
vimax asli
Pembesar penis vigrx plus
pembesar penis neo size xl
pembesar penis pro extender
pembesar penis vimax
alat pembesar penis
vakum pembesar penis
vakum penis
pembesar alat vital
minyak pembesar penis
minyak lintah
alat pembesar payudara
crem pembesar penis
developpe sex

Info Pasutri mengatakan...

alat pembesar payudara
vakum pembesar payudara
cream pembesar payudara
alat pembesar payudara permanen
alat pengencang payudara
vakum payudara
obat pembesar Payudara
Pembesar Payudara Permanen

cream obat jerawat mengatakan...

Salam hangat blogger dari kami penjual obat jerawat ya obat jerawat. Bukan promo cream jerawat, tapi cuma walking2 saja haha .. Salam ya, ditunggu kungan baliknya ...

Kevin Mitnick mengatakan...

Artikelnya bagus, em visite blog gue juga bro..
Visit autounions.com today for expert and customer reviews for best car buyer's guide with new and used car reviews, advice, news and award.
Autounions

muhammad isra mengatakan...

terima kasih gan tutorialnya... jadi lebih berhati-hati dalam mengelola blog

jamu pelangsing badan ampuh mengatakan...

oh bisa ya di perbaharui

jamu pelangsing badan ampuh mengatakan...

pasti adalah pengampunan walau dengan sarat

jantung berlemak mengatakan...

Jangan lupa terus diperbarui, nanti saya berkunjung lagi. Berita yang baik, penulisannya juga baik salam sehat ... Beritanya kalo bisa diperluas juga bahasannya. hehe

OBAT AMBEIEN YANG MANJUR TANPA OPERASI mengatakan...

salam kenal gan dan jangan lupa kunjungi web kami

Obat Penyakit Raja Singa Manjur mengatakan...

salam kenal gan dan jangan lupa kunjungi web kami

CHA-NDY CHAN mengatakan...

makasih infonya blog saya kayaknya diabaiukan google karna salah pasang rebooot txt,,,
ada solusinya ga ya mksh

Cara Alami Mengobati Kanker Payudara mengatakan...

terimakasih gan ,sayah akan mencob nya langsung

obat tbc tradisional mengatakan...

ini sangat menarik gan,tolong dilanjutkan yah memposting informasi-informasi yang lainnya untuk menambah pengetahuan bagi kita semua

Hotbuy mengatakan...

ckckck.. tes

kerudung grosir murah mengatakan...

terimakasih infonya gan. bermanfaat sekali . kunjungi balik blogku ya

Lowongan Kerja mengatakan...

Kalau beberapa posting pada blog kita memiliki kemiripan judul namun isinya berbeda itu gimana mba, apa rawan terkena google pinguin juga?

jaket kulit murah mengatakan...

banyak tempat untuk menambah pengetahuan yang bermanfaat, seperti berkunjung ke website ini terima kasih admin..jaket kulit murah kunjungan balik

jaket kulit pria mengatakan...

The first thing to visit this blog is a useful article and lots of information visit back jaket kulit pria .... thank you admin

Jual Jaket Kulit Asli mengatakan...

Her much information visit here to add insight to me then give useful for everyone. a visit back in jual jaket kulit asli ...thank you

pengobatan untuk sembuhkan turun berok mengatakan...

terimakasih untuk informasinya,ini sangat memberikan kami sebuah pengetahuan dan wawasan baru yang sebelumnya tidak mengetahuinya

Berita terkini - tips dan trik mengatakan...

 Proextender

 Vakum pembesar penis

 Cream pembesar payudara

 Magic Eve Bra

 Vakum pembesar payudara

 Vakum pembesar payudara elektrik

 Obat kantung mata

 Pemerah bibir

 Viagra asli

 Cream kuda jantan

 Procomil spray

 Obat kuat sony

 Maximum powerfull

 Pembesar penis

 Vimax asli

 KLG

Neosizee xl

 Vigrx plus 

 Perangsang permen karet

 Opium spray

 Sexdrop

 Potenzol

 Blue wizard

 Penghilang tato

 Pelangsing biolo

 Fruit plant

 Fatloss

 Vagina bulu elektrik

 Vagina getar goyang

 Boneka full body

 Vagina flashlight

 Vibrator mic

 Penis tempel telur

Vibrator maju mundur

Agen pembesar penis

vmen plus

 

Cara Menghilangkan Selulit Secara Alami mengatakan...

menambah wawasan sekali ,terimakasih,kami tunggu postingan postingan selanjutnya
obat penghilang selulit tradisional

jualobatkuatcialisasli45. mengatakan...

Vimax Izon Asli
Ciri-Ciri Vimax Asli Canada
Vigrx Plus Asli
Cobra Oil Super
Minyak Lintah Papua
Vakum Pembesar Penis

Obat Kuat Procomil
Obat Kuat Cialis
Obat Kuat Nangen Zengzhangsu

Obat Perangsang Potenzol Asli
Obat Perangsang Sex Drop
Obat Perangsang Viagra Cair

Obat Pembesar Penis
Dildo Dua Kepala
Vibrator Bullet
Kondom Duri Sungut Lele
Ring Getar Butterfly
Boneka Full Body Blonde Semi Realistis
Boneka Sex Pantat Doggy Style
Vagina Getar Klasik 16 Cm
Vagina Getar Suara
FleshLight Vagina Getar
Vibrator Kupu-Kupu Triple Spot
Dildo Vibrator Sakky Anti Air
Vibrator Fairy Magic
Vibrator Kapsul Love Egg
Dildo Getar Goyang Tempel

obat penghilang vitiligo tradisional mengatakan...

sangat menarik dan penuh hal hal baru
lanjutkan gan memposting yang lainnya , ditunggu
cara menghilangkan vitiligo secara alami

Poskan Komentar